Gunung Masih Kritis, Pos Pantau Bertahan di Rendang

By on October 9, 2017
Klaim Pengobatan Pengungsi di RSU Bangli Tembus Rp 244 Juta

Rendang, DenPost

Kondisi Gunung Agung hingga Senin (9/10) terpantau masih sangat kritis. Intensitas gempa masih berfluktuasi di kisaran jumlah yang sangat tinggi sehingga ancaman erupsi sejak Gunung Agung statusnya dinaikkan ke level IV (awas) masih terjadi. Karena itu Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pantau Gunung Agung mengimbau masyarakat yang masih bertahan di zona bahaya agar mengungsi.‘’Sejak level awas tanda-tanda erupsi memang masih tinggi sampai sekarang. Tidak bisa diprediksi kapan erupsinya, kami masih tetap melakukan pemantauan,’’ kata Kepala PVMBG/KESDM Kasbani, Senin (9/10).

Ditegaskan Kasbani, sejauh ini Gunung Agung belum mengalami erupsi ataupun letusan. Berdasarkan hasil pemantauan sejak beberapa hari terakhir kondisi gunung tertutup awan di bagian puncaknya. Malam kemarin sekitar pukul 01.00 dini hari, gunung nampak sangat bersih. Dari pos pantau Batu Lompeh gunung kelihatan sangat jelas dengan mengembuskan asap putih hingga ketinggian 200 meter. Asap setinggi 1.500 meter yang terjadi Sabtu malam hanya sesaat akibat hujan deras yang terjadi cukup lama.

Lanjut dia, tingkat kegempaan juga masih tinggi rata-rata di atas 700 kali sehari baik gempa vulkanik dalam, vulkanik dangkal termasuk tektonik lokal.

Kendati aktivitas gunung sangat tinggi, hingga kini pihaknya juga belum merencanakan untuk memindahkan pos pantau Gunung Agung dari Desa Rendang. Dikatakannya, Pos Pantau baru akan dipindahkan jika terjadi letusan yang materialnya menimpa pos. ‘’Sejauh ini gunung baru mengeluarkan asap yang mengandung uap air dan zak vulkanik. Ini karena naiknya fluida magmatik dari bawah. Artinya gunung masih dalam kondisi aktif dan terjadi gejolak di dalamnya,’’ tegas Kasbani.

(122)

Komentar

Komentar

BACA  Konsumsi Narkoba, Tiga Anggota Polres Klungkung Diadili

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>