Kunjungan Wisman ke Badung Mulai Menurun

By on October 8, 2017
Kunjungan Wisman ke Badung Mulai Menurun

Kuta, DenPost

Kekhawatiran wisatawan akan perkembangan Gunung Agung mulai berdampak pada menurunnya kunjungan ke objek wisata di Badung.Bahkan sejumlah biro perjalanan membatalkan turnya ke Bali karena situasi Gunung Agung yang belum pasti kapan akan meletus.Kondisi ini diungkapkan kepala pengelola wisata Pantai Pandawa, Wayan Kasim, dihubungi Sabtu (7/10). Menurutnya ada beberapa travel yang mengkonfirmasi pembatalan kunjungan.

Ketika ditanya alasannya mereka mengaku kalau wisatawan takut berkunjung karena isu erupsi yang merebak di media sosial belakangan ini.

Namun pembatalan ini dikatakannya datang dari biro perjalanan domestik, karena kunjungan ke Pantai Pandawa memang masih didominasi oleh kunjungan wisatawan lokal. Hal ini juga terlihat dari angka kunjungan wisatawan yang mengalami penurunan di banding bulan sebelumnya.

Diakui Kasim, sebenarnya pihak travel telah berupaya memberikan penjelasan, namun rupanya hal tersebut belum bisa meyakinkan wisatawan untuk memastikan liburannya ke Pandawa. “Berita simpang siur tentang Gunung Agung ini sangat berpengaruh sekali. Kalau bulan lalu kunjungan ke Pandawa rata-rata mencapai 3.000 wisatawan per hari, tapi sejak sebulan ini maksimal hanya mencapai 2.500 wisatawan per hari,” ujarnya.

Pihaknya juga terus berupaya memberikan penekanan kalau kondisi Bali masih aman untuk dikunjungi. Kasim berharap wisatawan bisa yakin untuk datang ke ke Bali.

Dia juga mengharapkan pemberitaan tidak jelas tentang kondisi Gunung Agung bisa diredam.

Karena hal tersebut sangat merugikan bagi pariwisata di Bali yang berimbas ke segala sektor. “Intinya berwisata di Pandawa masih aman, begitu juga di tempat wisata lainnya. Selama wisatawan tidak memasuki zona merah yang telah dipaparkan pemerintah, Bali masih layak dikunjungi. Kami harap semua pihak juga bisa bersatu padu melindungi pariwisata Bali,” harap Kasim.

BACA  Gde Agung Lengser, TPA Ratna Tutup Berubah Jadi Kantor Sekretariat

Penurunan kunjungan ini dibenarkan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung, I Made Badra. Dikatakannya, isu yang dibesar-besarkan terkait kondisi Gunung Agung membuat kunjungan wisatawan ke Kabupaten Badung mengalami penurunan.

Bahkan dari laporan sejumlah hotel mereka mengaku ada yang mengalami pembatalan kedatangan wisatawan akibat aktivitas Gunung Agung.

“Kami sedang melakukan pendataan kepada pihak hotel. Sejauh ini dari 21 hotel yang mengkonfirmasi adanya pembatalan kepada kami, total ada dua ribuan kamar yang dibatalkan,” ungkapnya.

Dipaparkan Badra, wisatawan yang melakukan pembatalan kecenderungan yang lebih suka menikmati alam. Sedangkan untuk kegiatan MICE itu baru satu yang dialihkan dari semua yang harusnya Bali digeser ke Yogyakarta.

“Kecenderungan wisatawan yang membatalkan kedatangannya ke Bali mengalihkan tujuannya ke destinasi lain. Hal tersebut bisa dilihat dari pintu arrival internasional di Bandara Ngurah Rai yang biasanya full capacity sekarang tidak full,” tandasnya. (113)

Komentar

Komentar

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>