Belum Penuhi Kuota, Pendaftaran Panwascam Diperpanjang

By on October 8, 2017
Belum Penuhi Kuota, Pendaftaran Panwascam Diperpanjang

Renon, DenPost

Pendaftaran calon anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) seluruh kabupaten/kota di Bali sepi peminat. Hingga akhir masa pendaftaran 6 Oktober lalu, banyak di daerah kecamatan yang belum memenuhi kuota. Karena itu, pendaftaran calon anggota Panwascam diperpanjang hingga 11 Oktober mendatang.Ketua Bawaslu Provinsi Bali, Ketut Rudia, Minggu (8/10) kemarin mengatakan, dari hasil pemantauan Bawaslu Provinsi Bali terhadap pendaftaran calon anggota Panwascam, ternyata banyak yang belum memenuhio kuota. Oleh karena itu, kata dia, diputuskan jadwal pendaftaran perekrutan Panwascam diperpanjang sampai 11 Oktober. Seperti apa hasilnya setelah dilakukan perpanjangan, Rudia mengaku belum mendapat laporan dari kabupaten/kota.

Dijelaskannya, sampai pada 6 Oktober ada beberapa kecamatan yang sudah memenuhi kuota. Namun, ada juga kecamatan yang bolong, sehingga diperpanjang untuk semua kecamatan di kabupaten/kota tersebut. “Nanti kalau pada akhir penerimaan tanggal 11 Oktober belum juga tercapai kuotanya, tetapi pelamar lebih dari tiga orang, seleksi tetap akan dilanjutkan dengan tes tulis secara serentak se-Bali,” paparnya.

Setelah tes tulis, kata Rudia, nantinya Panwaslu kabupaten/kota akan menyaring enam orang dari tes tulis tersebut. Jika ada kecamatan di bawah enam tapi di atas tiga, akan dilanjutkan ke tahapan tes wawancara oleh Panwaslu kabupaten/kota. Dari tes wawancara akan dipilih tiga orang Panwaslu kecamatan terpilih, selanjutnya akan dilakukan pelantikan secara serentak oleh Panwas kabupaten/kota.

Rudia mengatakan, Panwascam yang akan dibentuk ini akan mengawasi Pilkada (Pilgub 2018 dan Pileg dan Pilpres 2019) untuk 7 kabupaten. Sedangkan Panwascam di Kabupaten Klungkung dan Gianyar, selain mengawasi Pilgub dan Pileg, Pilpres, juga akan mengawasi Pilkada 2018 di daerah setempat.

Untuk perekrutan Panwascam di Kabupaten Karangasem, Rudia meyakini suasana warga hampir di seluruh kecamatan kondisinya tidak normal. (106)

BACA  Transaksi Tembus Rp 7,07 Miliar

Komentar

Komentar

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>