Puluhan Ribu Kendaraan di Klungkung Nunggak Pajak

By on October 5, 2017
Puluhan Ribu Kendaraan di Klungkung Nunggak Pajak

Semarapura, DenPost

Kesadaran masyarakat Klungkung untuk membayar pajak kendaraan bermotor tampaknya masih kurang. Hal ini menyusul masih banyaknya warga yang nunggak pajak. Dari data yang diperoleh di UPT Badan Pendapatan Provinsi Bali di Kabupaten Klungkung, ada puluhan ribu kendaraan bermotor di Kabupaten Klungkung tercatat masih menunggak pajak. Bahkan nilai nominal tunggakannya mencapai Rp 1.530.667.000.Kondisi ini tidak ditampik Kepala UPT Badan Pendapatan Provinsi Bali di Kabupaten Klungkung, I Made Beny, Kamis (5/10). Menurut Beny, sesuai data pada sistem, potensi kendaraan bermotor yang menunggak pajak mencapai 25.367 unit dari total 120.234 unit. Dari jumlah tersebut, terbanyak di Kecamatan Klungkung mencapai 10.772 unit. Disusul Kecamatan Nusa Penida 5.626 unit, setelah itu Kecamatan Banjarangkan 4.781 unit dan Kecamatan Dawan 4.177 unit.
Menurut Beny, tunggakan lebih banyak terjadi pada kendaraan bermotor yang pembuatannya  di bawah tahun 2.000.

Untuk mengejar tunggakan pajak tersebut, Beny yang didampingi Kasi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), I Nyoman Budha, mengatakan akan berupaya melakukan percepatan pembayarannya. Caranya dengan melakukan pengurangan atau penghapusan sanksi administrasi berupa bunga, denda PKB dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) yang tertuang dalam Pergub 54 Tahun 2017. Penghapusan denda tersebut mulai dilaksanakan 9 Oktober sampai 16 Desember.

Yang penghapusan adalah dendanya. Bukan pajak. Kami berharap ini dimanfaatkan penunggak untuk membayar,” ucapnya.  (119)

Komentar

Komentar

BACA  KMP Pratitha Terseret Arus, Sejumlah Truk Terguling

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>