Ini Vonis untuk si Pencabul Bocah

By on October 5, 2017
Ini Vonis untuk si Pencabul Bocah
Denpasar, DenPost
Martinus Doko alias Om Martin (43), Kamis (5/10), dijatuhi hukuman penjara selama empat tahun dan enam bulan . Majelis Hakim pimpinan I Dewa Gede Suarditha juga mengganjar terdakwa  dengan denda Rp 100 subsider empat bulan kurungan.

Vonis hakim ini lebih ringan 1,5 tahun dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU), Ika Lusiana Fatmawati, yang sebelumnya menuntut terdakwa dengan hukuman penjara selama 6 tahun dan denda Rp 100 juta subsider 4 bulan penjara. Menurut hakim, terdakwa dinilai terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana membujuk anak untuk melakukan atau membiarkan dilakukan perbuatan cabul, sebagaimana diatur dalam pasal 76e Jo pasal 82 ayat 1 UU RI No.35 tahun 2014 tentang perubahan atas UU RI No.23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak Jo Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Mendengar vonis hakim, terdakwa dan JPU sama-sama menyatakan menerima.

Untuk diketahui, perbuatan cabul tersebut bermula saat terdakwa bekerja di Villa Tanah Bali, di Jalan Tundum Penyu, Perum Tanah Bali, Bukit Unggasan, Kuta Selatan. Saat itu, terdakwa tinggal satu mess dengan orangtua korban serta para pekerja lainnya yang juga berkerja di vila tersebut.

Pada siang hari sekitar Februari 2017 terdakwa diminta tolong oleh rekan kerjanya untuk menjaga anaknya yang berinisial D. Kemudian terdakwa mengajak korban yang berinisial N (9) untuk bersama dengan D bermain di luar rumah. Tak lama berselang, terdakwa kemudian mengajak ke dua anak ini  masuk ke dalam rumah untuk nonton film animasi.
Saat itulah, terdakwa melakukan perbuatan bejatnya terhadap korban N dengan diimingi-imingi uang Rp 5.000. Sejak saat itu, terdakwa terus mengulangi perbuatan itu terhadap korban dengan modus yang sama. Hingga pada 26 Mei 2017 ayah korban memergoki terdakwa sedang mencabuli korban. Tidak terima atas perbuatan terdakwa, ayah korban kemudian melaporkan hal tersebut ke Polresta Denpasar.  (128)

Komentar

Komentar

BACA  Bali Pertahankan ’’Tradisi’’ Medali Emas OSN

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>