Dampak Ancaman Erupsi, Sekolah Zona Aman “Overload”

By on October 4, 2017
Dampak Ancaman Erupsi, Sekolah Zona Aman "Overload"

Rendang, DenPost

Meningkatnya aktivitas vulkanik Gunung Agung sejak dua pekan terakhir berimbas pada sektor pendidikan. Sekolah yang berada di zona aman overload akibat adanya tambahan siswa dari pengungsi yang berstatus pelajar. Salah satunya terlihat di SMPN 1 Rendang, Karangasem.Membeludaknya pengungsi pelajar menyebabkan siswa di SMPN 1 Rendang terpaksa duduk berdesakan. Informasinya mereka sampai kekurangan tempat duduk. Tambahan siswa ini merupakan pelajar yang sekolahnya terpaksa ditutup lantaran berada di zona merah jika terjadi erupsi Gunung Agung. ‘’Daya tampung sekolah terbatas. Tetapi karena pengungsi anak-anak harus tetap belajar, sehingga mereka harus belajar dengan duduk berhimpitan,’’ ujar seorang guru SMPN 1 Rendang.

Karena tempat duduk kurang, tidak sedikit pula satu bangku ditempati bertiga. Sekolah juga terpaksa mengeluarkan bangku tambahan sehingga mampu menampung siswa. Satu ruang kelas belajar (RKB) yang idealnya hanya berisi 32 siswa, sejak Gunung Agung berstatus awas rata-rata diisi 50 siswa. Beberapa siswa pengungsi juga bingung mengikuti proses pembelajaran di tempat barunya karena beda penerapan kurikulum.

Kepala SMPN 1 Rendang, I Gusti Lanang Weda, mengatakan, SMPN 1 Rendang memiliki 12 ruangan dengan daya tampung siswa sebanyak 725 orang. Karena ruangan terbatas, pembelajaran dilakukan pagi-sore. Dengan adanya penambahan siswa dari pengungsi, kini yang ditampung totalnya mencapai 1.100 siswa lebih. Diperkirakan jumlah tersebut masih akan bertambah seiring situasi. (122)

Komentar

Komentar

BACA  Dewan Tuding FS Pelabuhan Tanah Ampo ‘’Nyaplir’’

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>