Antisipasi Banjir Lahar Dingin, Sungai Unda Dinormalisasi

By on October 3, 2017
Antisipasi Banjir Lahar Dingin, Sungai Unda Dinormalisasi

Semarapura, DenPost

Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Pusat maupun daerah untuk mengantisipasi erupsi Gunung Agung. Tidak hanya memberikan bantuan kepada pengungsi, pemerintah melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Bali-Penida juga mulai melakukan normalisasi alur Sungai Unda. Untuk mengantisipasi pergerakan banjir lahar dingin ke pemukiman warga, juga dibangun tanggul sepanjang 350 meter di hulu sungai Unda.Dari pantauan di lapangan, Selasa (3/10), sebuah alat berat sudah mulai bekerja mengeruk sedimentasi di sebelah utara jembatan sungai Unda. Setelah dikeruk, material dari sedementasi tersebut kemudian dikumpulkan untuk digunakan membuat tanggul.   “Ini bukan tender tapi kegiatan rutin. Di samping untuk mengurangi sedimen yang ada, materialnya juga kami pakai buat tanggul,” ujar salah seorang petugas dari BWS Bali-Penida, Made Kertiasa.

Menurut Kertiasa, jika Gunung Agung meletus, lahar dingin akan mengalir di sepanjang Sungai Unda. Bahkan jalur ini tercatat yang paling besar dibandingkan sungai lainnya.

Untuk penanganan kami utamakan yang masuk zona banjir lahar dingin. Pembersihan alur dan pembuatan tanggul ini dilakukan agar banjir lahar dinginnya langsung los ke hilir,” imbuhnya. (119)

Komentar

Komentar

BACA  827 Pelaku Usaha di Denpasar Kantongi IUKM

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>