Klungkung Data Ulang Pengungsi

By on September 29, 2017
Klungkung Data Ulang Pengungsi

Semarapura, DenPost

Membengkaknya jumlah pengungsi di Kabupaten Klungkung mendapat perhatian Bupati, Nyoman Suwirta. Melalui Badan Penanggulang Bencana Daerah (BPBD) Klungkung, Bupati Suwirta akan mendata ulang jumlah warga Karangasem yang mengungsi di Klungkung. Pendataan ulang jumlah pengungsi ini dilakukan menyusul belum sinkronnya data jumlah pengungsi antara Klungkung dengan BNPB. Belum lagi dari prediksi awal jumlah pengungsi dar desa yang terdampak peningkatan aktivitas Gunung Agung seharusnya sekitar 70 ribu jiwa. Tapi faktanya data yang tercatat di BNPB jumlah pengungsi yang tersebar di Bali mencapai sekitar 134 ribu jiwa.

Dalam rapat kordinasi pak Gubernur menugaskan agar semua pengungsi didata ulang dan menggunakan tanda pengenal. Bagi mereka, saya mengutip katanya Gubernur  ya.. yang berada di luar desa itu dipulangkan. Misalnya tidak ada terdaftar ke-27 desa disuruh memulangkan,” ujar Suwirta, Jumat (29/9).

Namun Suwirta mengatakan, pengungsi yang tidak terkena dampak erupsi dikatakan tidak langsung dipulangkan. Mereka akan dimasukkan dalam data tambahan. “Kami akan lapor dulu atau panggil pengungsi yang desanya tidak terkena dampak erupsi untuk diajak bicara langsung. Jangan sampai kami dibilang mengusir pengungsi,” ujar Suwirta. (119)

Komentar

Komentar

BACA  1 Juli, Pengumuman Hasil PPDB SMP Negeri

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>