Pengobatan Gratis bagi Pengungsi di Pajahan

By on September 28, 2017
Pengobatan Gratis untuk Pengungsi di Pajahan

Tabanan, DenPost

Puskesmas Pupuan I menggelar acara pengobatan gratis terhadap para pengungsi Gunung Agung, di Balai Banjar Dinas Tanah Sari, Desa Pajahan, Kecamatan Pupuan, Kamis (28/9) kemarin. Kegiatan tersebut dipimpin I Wayan Sucipta S.St. bersama enam staf dan Bidan Desa Pajahan, Desak Susi Parianti.Sekitar 30 orang pengungsi mengikuti kegiatan tersebut. Pengobatan tersebut berupa pemeriksaan tensi, pemeriksaan umum, dan imunisasi balita. Petugas menemukan dua orang pengungsi dalam keadaan sakit. Satu pengungsi menderita asma dan satu orang cacar air.

Jumlah pengungsi dari Karangasem ke Kabupaten Tabanan sudah mencapai 3.000 lebih. Mereka menempati posko-posko pengungsi yang disiapkan. Ada juga di antara mereka adalah pengungsi mandiri, dan memilih tinggal di rumah famili di Tabanan.

I Komang Mudita (52) misalnya, pria asal Desa Rendang, Karangasem ini mengajak keluarga dan kerabatnya mengungsi di tegalan milik warga Bongan Jawa, Desa Bongan, Kecamatan Tabanan. Dia bersama 20 pengungsi mendirikan tenda terpal dengan beralaskan karpet.

Mudita mengaku sudah hampir seminggu berada dilokasi pengungsian tersebut. “Memang ada famili di Desa Bongan ini, tapi saya dan keluarga memilih mengungsi di tegalan dengan mendirikan terpal. Kalau di rumah warga tidak cukup, namun kami merasa lebih nyaman dengan mendirikan tenda di tegalan,” ujarnya.

Mudita dan sejumlah pengungsi lainnya, selain membawa keluarga masing-masing juga ada yang membawa hewan piaraan. Puluhan sapi ikut dibawa ke lokasi pengungsian. “Kalau sapi ini dijual, harga sangat murah. Tentu saja rugi besar. Untuk itu kami juga membawa ternak sapi ke lokasi pengungsian,” tukasnya. (121)

Komentar

Komentar

BACA  Perampok Bersajam Itu Akhirnya Dibekuk

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>