Menolak Dievakuasi, Polsek Kubu Jemput Paksa Warga

By on September 26, 2017
Menolak Dievakuasi, Polsek Kubu Jemput Paksa Warga

Kubu, DenPost

Sejumlah warga Desa/Kecamatan Kubu, Karangasem, dijemput paksa aparat kepolisian, Selasa (26/9). Mereka dijemput anggota Polsek Kubu karena menolak diungsikan. Sementara Senin (25/9) malam, sempat diisukan Gunung Agung mengeluarkan bau belerang sehingga petugas mengungsikan warga ke tempat aman.Evakuasi paksa sejumlah warga yang menolak diungsikan dipimpin Kapolsek Kubu, AKP Suadnyana; Perbekel Kubu, Nengah Jagra serta sejumlah anggota Polsek Kubu. Evakuasi paksa beberapa warga yang bermukim di kawasan rawan bencana (KRB) itu mulai dilakukan pukul 09.30. Berdasarkan pantauan di lapangan, yang pertama kali disambangi yakni keluarga Wayan Malik di Dusun Juntal Kelod, Kubu. Warga ini menolak diajak mengungsi walaupun keluarganya sudah berulang kali mengajaknya. Tetapi setelah dirayu polisi mereka mau diungsikan ke kerabatnya di Penuktukan, Buleleng.

Warga lainnya yang dibujuk karena tidak mau mengungsi yakni Ni Ketut Mastri, warga Banjar Sambilaklak, Juntal Kubu. Meski polisi sudah menyampaikan bahwa dia dipindahkan demi keselamatan, tetapi Mastri tetap menolak. Bahkan dia menangis ketika hendak dievakuasi paksa dan memilih mati di rumah jika bencana banjir lahar menerjang. Perbekel Kubu yang turut mendatangi warga yang enggan diungsikan juga menekankan, ini dilakukan untuk meminimalisir korban jiwa. Namun ucapan Perbekel juga tidak bersedia dituruti, sehingga Kapolsek mengatakan, jika muncul tanda-tanda gunung meletus, pihaknya akan menjemput dan mengungsikan paksa.

Warga lainnya yang juga menolak diungsikan yakni Ni Ketut Ubuh (80). Nenek asal Banjar Samilaklak ini kondisi kejiwaannya kurang normal. “Ubuh belum mau dievakuasi,’’ kata Jagra. Ditambahkan, dari pantauan banyak warga yang memang belum mengungsi. Tetapi mereka sudah siap-siap dan akan langsung pergi bila erupsi muncul. (122)

Komentar

Komentar

BACA  BPBD Imbau Waspada Longsor

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>