Kekroditan di Jalur Evakuasi Terjadi Hingga Menjelang Pagi

By on September 23, 2017
MACET - Suasana kemacetan di jalur Putung-Manggis, Sabtu (23/9) pagi.

Amlapura, DenPost

Suasana mencekam terlihat di sejumlah ruas jalan atau jalur-jalur evakuasi wargapasca dinaikkannya status Gunung Agung dari siaga ke awas, (23/9) dini hari. Begitu mendapat imbauan mengosongkan wilayah, warga di radius 12 kilometer langsung berhamburan mengungsi. Akibatnya, arus lalu lintas di sejumlah titik macet parah. Kondisi ini bertahan hingga menjelang pagi. Bahkan, akibat terlalu lama terjebak macet, beberapa kendaraan pengungsi mogok.

 

Seperti yang dialami Putu Suastrawan, warga yang tinggal di wilayah Subagan, Karangasem. Mobilnnya mogok saat kemacetan berlangsung. Beruntung dia dan keluarganya mendapat tumpangan pengungsi lain. “Saya mau ngungsi ke Tabanan, tapi mobil malah mogok. Untuk ada pengungsi bawa pikap yang bersedia kami tumpangi. Pukul 03.00 kami baru bisa nembus Candidasa. Mobil saya tinggal di jalan. Kami hanya bawa pakaian dan sejumlah dokumen. Sementara kami istirahat dulu di Goa Lawah,” ucapnya.

Sementara itu kekroditan juga terjadi hingga menjelang pagi di jurusan Putung-Manggis. Warga seakan berlomba untuk bisa keluar dari zona rawan. Begitu pula di wilayah Tulamben dan sekitarnya. Warga yang ingin mengungsi ke Denpasar terpaksa dicegat dan disarankan untuk tidak melanjutkan perjalanan dan sementara mencari tempat aman di wilayah Amed. “Kami maunya ke Denpasar, tapi macet parah. Ada petugas yang menyarankan kami tidak melanjutkan perjalanan dulu dan akhirnya kami mengungsi ke rumah teman di Amed,” kata salah seorang warga Dusun Muntig, Tulamben, Nengah Sriastuti. (tim DP).

Komentar

Komentar

BACA  Seorang Kakek Tewas Gantung Diri di Pohon Kamboja

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>