Bulog Dorong Masyarakat Manfaatkan Rumah Pangan Kita

By on September 19, 2017
TUNJUKAN BERAS - Kepala Bidang Pengadaan dan Operasional Bulog Bali, Ketut Ginada menunjukkan beras dan gula yang sudah di kemas dan siap didistribusikan ke RPK yang ada.

Renon, DenPost

Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional Bali terus mendorog masyarakat untuk  menjadi pelaku usaha dengan ikut mendirikan RPK (Rumah Pangan Kita) menjual berbagai jenis kebutuhan pokok. Sehingga konsumen mendapatkan harga lebih terjangakau.Kepala Bidang Pengadaan dan Operasional Bulog Bali, Ketut Ginada, Senin (8/5) kemarin mengatakan, kerjasama dengan Bulog untuk mendirikan RPK persyaratannya sangat mudah yakni foto copi KTP, KK dan keterangan dari kelurahan. Sedangkan pedirian RPK kelompok, seperti koperasi harus ada SIUP  dan izin lainnya.

Ginada menjelaskan, masyarakat yang  ingin bekerjasama mendirikan RPK tidak harus memiliki toko. Untuk individu jualan di emperan rumah atau kamar tamu bisa asalkan persyaratan yang diajukan lengkap. Bila sudah ada persyaratan tersebut, tinggal dibawa ke Bulog Bali untuk diproses lebih lanjut, sebelum diberikan izin.

Masyarakat yang sudah mengajukan izin, lanjut Ginada, setelah mendapat persetujuan akan disuplai beberapa kebutuhan pokok. Seperti beras, gula pasir, minyak goreng, daging beku, bawang dan komoditas lainnya yang dibutuhkan. Harga yang ditawarkan oleh RPK tersebut tidak boleh melebihi HET (harga eceran tertinggi) yang ditetapkan. HET gula pasir yang telah ditentukan Rp 12.500 per kilogram,  sehingga harga jualnya tidak boleh melebihi. ”Kalau RPK kedapatan menjual produk yang suplai dari Bulog melebihi HET akan dikenakan sanksi berupa  pemberhentian kerjasama,” kata Ginada.

Disinggung jumlah barang yang bisa diambil oleh RPK, Ginada menerangkan, tidak ada pembatasan, dan berapapun jumlah barang yang diminta akan berusaha dipenuhi. Sejak tahun 2016 program tersebut dilakasnakan dan hingga kini di Bali sudah ada105 RPK yang tersebar di seluruh kabupaten/kota. ”Kami tahun 2017 ini menargetkan pertumbuhan RPK sama dengan jumlah desa yang ada di Bali sekitar 700 desa,’’ ujarnya.

BACA  Kemah di Sirkuit Perancak

Dia menambahkan, program ini pertumbuhannya belum  terlalu banyak. Mencapai target tersebut, ia akan melakukan pendekatan kepada masyarakat melalaui sosialisai serta pendekatan langsung dengan  BUMDes yang ada. ”Kami sudah melakukan pendekatan dengan beberapa BUMDes di Singaraja,” paparnya.  (126)

Komentar

Komentar

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>