Bangli Siap Tampung Pengungsi Letusan Gunung Agung

By on September 19, 2017
Magma Dalam Tubuh Gunung Masih Agresif

Bangli, DenPost

Kemungkinan terburuk jika Gunung Agung benar-benar menumpahkan lahar panas disikapi serius BPBD Kabupaten Bangli. Sejumlah tempat aman untuk menampung pengungsi korban letusan mulai dipetakan. Kabupaten Bangli juga sudah menyiapkan tenda termasuk personel untuk membangun lokasi pengungsian jika dibutuhkan.Kalak BPBD Bangli, Wayan Karmawan, saat dimintai konfirmasi, Selasa (19/9) mengatakan, sebagai wilayah yang berdekatan dengan Karangasem, sejumlah desa di Kabupaten Bangli akan terkena dampak jika terjadi letusan Gunung Agung. Berdasarkan hasil pemetaan, wilayah yang diprediksi terkena dampak letusan yakni Kecamatan Tembuku; Desa Suter termasuk wilayah Bangli di balik bukit. ‘’Kalau balik bukit sudah pasti kena dampaknya karena lokasinya berdekatan,’’ ujarnya.

Hanya saja, dampak yang sampai ke Bangli kemungkinan abunya saja. Karena menurut informasi, arah aliran lahar panas tidak mengarah ke Bangli. Koordinasi dengan perbekel yang wilayahnya akan terkena dampak juga sudah dilakukan. Bahkan, Pemkab Bangli sudah menyiapkan masker bagi warganya.

Lanjut Karmawan, Kabupaten Bangli yang lokasinya berdekatan juga akan menjadi salah satu tujuan pengungsi bila kemungkinan buruk itu terjadi. Untuk menampung pengungsi, pihaknya sudah memetakan beberapa tempat. Jika Desa Suter, tidak terkena dampak letusan, maka pengungsi dari Karangasem dan wilayah sekitarnya akan ditampung di Lapangan Suter dan Abang Batudinding. Tetapi jika wilayah itu terdampak, pengungsi akan ditampung di Museum Gunung Api Batur, Lapangan Bayung Gede dan Lapangan Kintamani. ’’Tempat sudah siap, sekarang tinggal menunggu perintah dari BPBD Provinsi Bali,’’ katanya.  (122)

Komentar

Komentar

BACA  Luka Tekan di Leher Ganggu Pernafasan Lenyod

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>