Kekeringan, Belasan Hektar Padi Terancam Gagal Panen

By on September 15, 2017
Kekeringan, Belasan Hektar Padi Terancam Gagal Panen

Bangli, DenPost

Belasan hektar tanaman padi di Subak Mundung, Desa Abuan, Susut terancam gagal panen. Selain karena musim kemarau, pasokan air ke subak menurun lantaran terjadi perbaikan saluran irigasi. Kondisi paling parah terjadi pada areal subak di kawasan hilir.Pantauan Jumat (15/9), akibat kesulitan air, tanaman padi yang baru berumur satu hingga dua bulan mulai layu. Tanaman meranggas sejak seminggu terakhir dan tanah mulai pecah-pecah.

Petani setempat, Ketut Diarsa, mengatakan, sejatinya petani sudah diimbau untuk tidak menanam padi oleh kelian subak. Penyebabnya saluran irigasi sedang proses perbaikan. Saluran irigasi tersebut mengairi Subak Mundung dan Subak Sala. ‘’Petani tidak menuruti imbauan tersebut sehingga kondisinya seperti sekarang,’’ ujarnya.

Sementara Kelian Subak Munduk Tempek Abuan, Wayan Sugatra, mengaku sudah mengimbau warganya utuk tidak menanam padi, namun tidak dihiraukan. ‘’Sosialisasi sudah dilakukan bahwa akan terjadi perbaikan irigasi, tetapi mereka tetap menanam padi,’’ akunya. (122)

Komentar

Komentar

BACA  Bule Pembunuh Polisi Dilimpahkan

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>