Masuk DPT Jadi Syarat Melamar Pekerjaan

By on September 13, 2017
Masuk DPT Jadi Syarat Melamar Pekerjaan

Amlapura, DenPost

KPU Karangasem kedatangan tamu istimewa Selasa (12/9) kemarin. Tamu itu yakni Komang Agus Astra Jalarana asal Lingkungan Galiran Kaler, Kelurahan Subagan, Karangasem. Laki-laki yang sejatinya bukan siapa-siapa itu menjadi istimewa, karena datang untuk minta keterangan terdaftar dalam Daftar Pemilik Tetap (DPT) sebagai pemilih dalam Pilgub Bali.Komang Agus Astra Jalarana mengaku perlu surat keterangan tersebut untuk melamar pekerjaan di sebuah perusahaan swasta. Dia datang ke KPU berbekel kartu keluarga dan surat keterangan terekam KTP elektronik. Dia termasuk orang yang beruntung. Setelah petugas operator sistem informasi data pemilih (sidalih) mengecek di portal, dia tercatat sebagai pemilih di TPS 32 Kelurahan Subagan. ’’Selain identitas kependudukan dan syarat administrasi lainya, pelamar diwajibkan melampiri surat keterangan terdaftar dalam data pemilih,’’ ujarnya sumringah.

Ketua KPU, Made Arnawa dan anggota Gede Ngurah Maharjana juga tak kalah sumringahnya. Mereka menyambut baik kebijakan perusahaan yang mewajibkan masuk DPT sebagai syarat membuka lowongan kerja. Ketentuan seperti itu secara tidak langsung akan memunculkan kesadaran masyarakat akan pentingnya melengkapi administrasi kependudukan.

Arnwa mengatakan kebijakan seperti itu adalah langkah strategis yang diyakini akan berdampak terhadap kualitas penyelenggaran pemilihan umum. Pihaknya berharap instansi pemerintah maupun semua perusahaan swasta dan pemangku kepentingan lainnya menyertakan prasyarat tersebut sebagai salah satu syarat dalam mengurus pelayanan masyarakat. Terlebih belakangan instansi pemerintah dan BUMN banyak membuka lowongan pekerjaan dan melakukan perekrutan pegawai, akan sangat bagus mewajibkan pelamar melampirkan surat keterangan terdaftar dalam DPT. ’’Kalau setiap perusahaan dan instansi pemerintah bisa mewajibkan pelamar harus terdaftar sebagai pemilih, akan sangat membantu dalam proses berdemokrasi,’’ katanya. (117)

Komentar

Komentar

BACA  Polemik Lahan di Simpang Empat Subagan

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>