Lansia Tewas Terpanggang di Ladang Ilalang

By on September 13, 2017
Ladang ilalang yang terbakar di Banjar Taman, Desa Gubug, Tabanan, menelan korban jiwa seorang warga setempat, Rabu (13/9) kemarin.

Tabanan, DenPost

Seorang pria lanjut usia (lansia), I Wayan Suweta (60), diduga tewas karena terpanggang di ladang ilalang yang terbakar, di Banjar Taman, Desa Gubug, Tabanan, Rabu (13/9). Lokasi kejadian tersebut adalah di kebun milik AA Dananjaya. Kebun tersebut digarap Suweta sejak sekitar enam bulan lalu.Kejadian yang menimpa Suweta terjadi sekitar pukul 15.15. Menurut istri Suweta, Ni Nyoman Netri (59), sekitar pukul 15.00 suaminya itu setelah makan siang pamitan untuk membersihkan ilalang, dan sekaligus mencari rumput untuk pakan ternak sapi.

Sementara kesaksian I Made Surya Diasa (34), yang tinggal di Perum Sastra Loka Blok B No. 3 Banjar Taman, saat beristirahat mengaku sempat mencium bau asap dari sebelah rumahnya. “Ketika itu saya melihat ke arah asal asap melalui jendela rumah, dan melihat api yang membakar ilalang. Saat itu pula saya kaget melihat ada orang tergeletak di lokasi ilalang terbakar,” ujarnya.

Saksi Diasa kemudian berlari menuju ke ladang ilalang yang terbakar. Saat itu, katanya, Suweta terlihat dalam kondisi telentang, dengan kobaran api yang membakar seluruh pakaian, tubuh, dan rambut lansia tersebut.

Diasa berusaha menolong dengan cara menarik tubuh Suweta, namun tidak berhasil. Dia kemudian berteriak minta bantuan saksi I Wayan Suyadnya (63) yang tak jauh dari lokasi kejadian. Mereka kemudian bersama-sama mengangkat tubuh Suweta yang sudah hampir 80 persen terbakar, guna menjauhkan dari kobaran api yang membakar ilalang. Saat Suweta diangkat, katanya, masih terdengar desahan suara, namun tubuh lansia tersebut sudah kaku.

Menyusul bantuan dari sejumlah warga, juga petugas kepolisian yang tiba di lokasi kejadian, tubuh gosong Suweta kemudian diangkat dengan menggunakan tikar menuju ke mobil, lanjut dibawa ke BRSU Tabanan. Sesampai di rumah sakit, Suweta dinyatakan sudah tak bernyawa lagi.

BACA  Lagi, Gigitan Anjing Telan Korban Jiwa

Kapolsek Tabanan, Kompol I Gede Made Surya Atmaja, lansia tersebut diduga meninggal dunia karena terlalu banyak menghirup asap, juga karena tubuh yang terbakar.

Ada beberapa dugaan, seperti yang dikatakan pihak keluarga, korban (Suweta) yang punya riwayat stroke dan diduga kambuh saat itu, sehingga jatuh di lokasi ilalang yang terbakar. Pihak keluarga kemudian menyatakan menerima kematian korban sebagai musibah, dan menolak untuk proses autopsi,” ujar Surya Atmaja. (121)

Komentar

Komentar

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>