Kunjungan Wisatawan Meningkat, DJP Harapkan Diikuti Penerimaan Pajak

By on September 13, 2017
Kunjungan Wisatawan Meningkat, DJP Harapkan Diikuti Penerimaan Pajak

Badung, DenPost

Bali  yang merupakan destinasi wisata terbaik di dunia  dan  banyak dikunjungi oleh para wisatawan, baik  mancanegara maupun wisatawan domestic terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Seiring hal tersebut, Kanwil Direktorat Jendral Pajak (DJP) Bali  mengharapkan  penerimaan pajak bisa mengikuti.Kepala Kantor Wilayah DJP Bali, Goro Ekanto  mengatakan, berdasarkan kajian ekonomi dan keuangan regional Provinsi Bali yang disampikan  oleh Bank Indonesia  Mei 2017, kunjungan wisatawan mancanegara  tumbuh sebesar 22.91% (yoy). Dimana hal tersebut merupakan pertumbuhan tertinggi dalam kurun waktu  lima tahun terakhir di triwulan I, bahkan lebih tinggi daripada rata-rata pertumbuhan tahunan kunjungan wisatawan dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

“Namun berdasarkan data statistik penerimaan tahun 2016, dari lima KLU (Klasifikasi Lapangan Usaha) penentu penerimaan pajak Kanwil DJP Bali, sektor pariwisata (KLU penyediaan akomodasi dan penyediaan makan minum) menempati urutan ke-3 setelah sektor perdagangan dan jasa keuangan. Kondisi tersebut menunjukkan tingkat kepatuhan dari para wajib pajak  yang bergerak di sektor tersebut masih perlu ditingkatkan,” katanya disela  sosialisasi aspek perpajakan online travel agent di  Hotel Puri saron, Seminyak, Selasa (12/9).

Melihat kondisi  tersebut, pihaknya melaksakan sosialisai kepada sekitar 250  wajib pajak hotel di Bali. Dalam hal tersebut  diberikan informasi secara menyeluruh mengenai kewajiban perpajakannya berdampingan dengan upaya pengawasan secara intensif dari Kantor Pelayanan Pajak.

‘Salah satunya aspek perpajakan yang  kami disampaikan dalam sosialisasi tersebut  yakni  tentang pengenaan objek PPN dan PPh Pasal 26  yang timbul karena adanya pemanfaatan jasa luar negeri dari hotel-hotel yang memanfaatkan jasa pemesanan daring (online reservation) dari para perusahaan agen perjalanan yang berkedudukan di luar daerah pabean,”  katanya

BACA  Di Sulang, Tebing Longsor Timpa Rumah

Sementara itu, Kepala Bidang P2Humas Kanwil DJP Bali, Riana Budiyanti mengatakan setelah mengikuti kegiatan sosialisasi ini  pihaknya berharap  wajib pajak lebih memahami pemahaman dan kewajiban perpajakannya sebagai  pengusaha yang bergerak disektor hotel. “Termasuk dalam hal ini  pengenaan PPN dan PPh Pasal 26 atas pemanfaatan jasa online travel agent, sehingga diharapkan kepatuhan para wajib pajak hotel se-Bali semakin meningkat”, tutupnya. (126)

Komentar

Komentar

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>