Perlu Gedung Kesenian

By on September 10, 2017
I Kadek Puja Artawan
SEBAGAI daerah pariwisata elit, Nusa Dua tak bisa menghindar dari gempuran arus modernisasi. Karenanya, tantangan dalam melestarikan adat, seni dan budaya tidaklah ringan. Komitmen bersama untuk mencintai dunia seni khususnya kesenian Bali sejak dini  sangat diperlukan agar seni adiluhung ini tetap lestari. Seperti yang dilakukan I Kadek Puja Artawan dan rekan-rekannya para remaja Banjar Peken, Bualu. Belum lama ini mereka melakukan latihan di kawasan BNDCC menjelang tampil dalam memeriahkan sebuah hajatan internasional.

Puja yang merupakan Siswa SMK Nusa Dua ini getol menekuni seni tari dan tabuh Bali. Dia mengaku sangat mencintai seni sejak kecil. Ditemui saat latihan kendang di rumahnya, Minggu (10/9) kemarin, Dek Puja mengaku aktif di sejumlah sanggar seni yang ada di Kuta Selatan. Di antaranya di sanggar Semeton Seni Nusadua (SSN ), Sanggar Asti Pradnyaswari, Sanggar Tirta Manik,dan Sanggar Merdu Suara Gita.

Beberapa pementasan juga pernah diikuti guna mengasah bakat seninya. Seperti pernah pentas di Puspem Badung pada acara HUT Mangupura, pentas di Peninsula dan juga tampil di Art Center mewakili Kabupaten Badung dalam acara ngelawang.
Ditanya harapannya sebagai remaja yang tinggal di kawasan pariwisata, Puja mengatakan, ke depannya agar seni yang ada di Nusa Dua saat ini bisa tumbuh dan berkembang. Selain itu dia juga mengharapkan Pemkab Badung agar selalu memberikan kesempatan dan memotivasi anak-anak muda untuk berekspresi di bidang seni, terutamanya di Nusa Dua. “Nusa Dua adalah daerah pariwisata, karenanya para  investor agar selalu mengedepankan seni yang ada di Nusa Dua,” ujarnya.

Seniman muda serbabisa ini juga berharap di Kuta Selatan nantinya bisa dibangun gedung kesenian sebagi tempat para seniman berekspresi lewat berbagai pagelaran seni. Karena sejauh ini terkadang pentas seni harus dilaksanakan berpindah-pindah. “Nusa Dua perlu gedung kesenian. Mudah-mudahan harapan ini bisa terwujud sehingga memotivasi para pelaku seni dan kesenian di Nusa Dua dan Kuta Selatan bisa terus bangkit dan berkembang,” pungkasnya. (sug)

Komentar

Komentar

BACA  Berdiri Dekat Lahan “Duwe” Pura Uluwatu

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>