LPD Kedonganan Gelar Jalan Santai

By on September 10, 2017
LURAH KEDONGANAN - Lurah Kedonganan didampingi Ketua LPD Kedonganan saat menyerahkan hadiah lomba serangkaian HUT ke-27.

Kedonganan, DenPost
Serangkaian HUT ke-27 LPD Kedonganan, Sabtu (9/9), digelar jalan santai. Kegiatan ini melibatkan siswa SD, seka teruna dan warga setempat. Selain itu juga dilaksanakan penyerahan hadiah pemenang lomba serangkaian HUT ini. Ketua Panitia, I Made Andry Susila Wijaya, mengungkapkan, tema yang diambil dalam HUT kali ini yaitu “Menjadikan LPD Desa Adat Kedonganan Sebagai Lembaga Keuangan Adat yang Sehat, Tangguh, Bermanfaat dan Berkelanjutan Dalam Memperkuat Ketahanan Adat Serta Dalam Melestarikan dan Menumbuhkembangkan Nilai-nilai Luhur Adat dan Budaya Bali Dijiwai Agama Hindu”.Kegiatan yang sudah dan akan dilaksanakan dari Mei hingga September 2017 meliputi seminar wirausaha, darma wacana  dan dharma tula pabayuhan wayang sapu leger hingga pabayuhan wayang sapuh leger untuk masyarakat Kedonganan. Selain itu juga digelar berbagai kegiatan lomba yang melibatkan siswa, seka teruna dan PKK seperti lomba peragaan busana adat ke pura, membuat sengkui, peragaan busana ke pura, lomba ngelawar, sanggar agung, banten prayascita, lomba membuat jajan Bali dan paduan suara lagu Bali.
Selain lomba tersebut, sambungnya pihaknya juga melaksanakan tes beasiswa bagi siswa berprestasi dan cerdas cermat.
“Kami juga melaksanakan kegiatan sosial seperti tali kasih kepada mantan tokoh masyarakat Kedonganan dan santunan kepada krama penyandang cacat,” ujarnya.

Sementara puncak HUT diawali dengan jalan santai dan penyerahan hadiah pemenang lomba dan malamnya dilaksanakan aneka hiburan. Kegiatan yang dilaksanakan melibatkan siswa SD dan seka teruna masing-masing banjar ini bertujuan untuk menggali potensi serta menumbuhkan bibit baru yang berkualitas agar lebih bisa berkreasi ke depannya.
Ketua LPD Adat Kedonganan, Ketut Madra, memaparkan, sebagai lembaga yang membantu desa adat dalam upaya melestarikan adat, seni dan budaya di Bali. Peran LPD sangatlah penting agar tetap selalu ajeg, kuat, tangguh dan bermartabat. Untuk merealisasikan hal itu, LPD Kedonganan sebagai salah satu pioner LPD di Bali bersama prajuru Desa Adat Kedonganan telah menyusun regulasi melalui pararem LPD Adat Kedonganan. “Kami juga tingkatkan bagaimana kelembagaan saat ini siapa yang bertanggung jawab atas LPD ini,” paparnya.

BACA  Pohon Perindang Bertumbangan

Pembuatan regulasi tersebut diakuinya karena selama ini masih ada kerancuan, terkait siapa yang bertanggung jawab atas LPD, entah pemerintah atau desa adat. Namun dengan regulasi tersebut yang tertuang dalam pararem, maka sangat jelas yang bertanggung jawab atas LPD adalah desa adat.
Terkait  perkembangan LPD Desa Adat Kedonganan menurutnya mengalami pertumbuhan yang bagus dengan grafik kenaikan yang signifikan. Begitupula tingkat partisipasi warga cukup banyak, total ada Rp 321 miliar yang dikelola LPD Adat Kedonganan. Hal tersebut menunjukkan pertumbuhan LPD Kedonganan sangat baik dan signifikan. Namun pihaknya terus berharap agar peran seraya dan partisipasi masyarakat ke depannya terus meningkat. (b/113)

Komentar

Komentar

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>