Pemkot Denpasar Raih Penghargaan Indeks Keuangan Terbaik

By on September 8, 2017
TERIMA PENGHARGAAN - Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra, saat menerima penghargaan Indeks Keuangan Daerah Terbaik Pertama regional Bali, NTB dan NTT yang diserahkan Kaprodi Maksi Feb UGM, Prof. Abdul Halim, di UGM Yogyakarta, Kamis (7/9) kemarin.

Dauh Puri, DenPost

Penghargaan pengelolaan keuangan daerah kembali diraih Pemerintah Kota Denpasar. Sebelumnya Pemkot berhasil mempertahankan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) lima kali berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan.Pada September tahun 2017 ini, Pemkot Denpasar berhasil meraih penghargaan Indeks Keuangan Daerah Terbaik Pertama regional Bali, NTB dan NTT. Penghargaan ini juga diraih bersama dengan regional kota lainnya, seperti Kotamobagu Sulawesi Utara dan Kota Makassar. Penghargaan diserahkan Prof. Abdul Halim, yang diterima Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra, di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Kamis (7/9) kemarin.

Walikota Rai Mantra mengatakan penghargaan yang diberikan pihak UGM menjadi cambuk motivasi bagi seluruh jajaran Pemkot Denpasar dalam peningkatan pengelolaan keuangan daerah. Penghargaan ini tidak menjadi rasa puas diri, namun diharapkan dapat terus melakukan perbaikan-perbaikan dalam pengelolaan keuangan daerah yang sehat dan transparan.

Sementara Auditor Utama Keuangan Negara V BPK RI, Dr. Bambang Pamungkas, menyatakan peran BPK dalam mendorong perolehan opini WTP terus melakukan komunikasi pemeriksaan lebih dini atas temuan di lapangan guna mendapatkan klarifikasi komprehensif dari pejabat yang berkompeten. Selain itu juga menerapkan kebijakan pemeriksaan terkait dengan substansi dan metodologi dalam berbagai prangkat lunak pemeriksaan keuangan. Kemudian untuk upaya mencapai dan mempertahankan opini WTP, menurut dia, harus melakukan langkah-langkah seperti neningkatkan serta merubah mainset kemampuan SDM yang menangani akuntansi dan keuangan daerah, serta mampu memanfaatkan teknologi informasi.

Sementara Kaprodi Maksi Feb UGM, Prof. Abdul Halim, mengatakan tantangan dalam pengelolaan keuangan daerah sejak era reformasi memiliki konsep transparansi akuntabel sehat bukan lagi menuntut predikat WTP semata. Dikatakannya, pemberian penghargaan dan pengukuran indeks keuangan ini dilakukan dengan beberapa indikator salah satunya pemanfaatan IT yakni keterbukaan dan ketepatan dalam melakukan pelaporan kondisi keuangan kedalam web site yang dimiliki pemkot maupun pemda. Dalam penilaian ini, pihaknya melibatkan kalangan profesional di luar pemerintahan yang sudah dikonsultasikan kepada Kemendagri dan Kemenkeu.

BACA  Pohon Tumbang Lumpuhkan Jalur Penglipuran

’’Dinamika yang terjadi di setiap daerah berbeda-beda, ini akan memberikan sumbangsih bagi kota/kabupaten yang mendapat penghargaan terbaik guna pengelolaan keuangan yang sehat untuk pembangunan daerah yg lebih baik dan bermanfaat,’’ ujarnya. (a/112)

Komentar

Komentar

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>