Diklat Satpam Gada Pratama Luluskan 116 Peserta

By on September 8, 2017
SERAHKAN IJAZAH – Direktur Pembinaan Masyarakat Polda Bali, Kombes Pol. I Gusti Putu Ngurah Gunawan menyerahkan ijazaha kepada peserta lulusan terbaik sekaligus menutup Pendidikan dan Pelatihan Dasar Satpam Gada Pratama di Hotel Batukartu Garden Ubung Denpasar, Kamis (7/9) kemarin.

Ubung, DenPost

Pendidikn dan Pelatihan (Diklat) Satpam Gada Pratama yang digelar PT Global Mulia Sejahtera (GMS) Bali bekerja sama dengan Direktorat Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polda Bali meluluskan 116 peserta yang berakhir Kamis (7/8) kemarin di Hotel Batukaru Garden Ubung, Denpasar.Direktur Pembinaan Masyarakat Polda Bali, Kombes Pol. Drs. I Gusti Putu Ngurah Gunawan mewakili Kapolda Bali di sela-sela penutupan Pendididak dan Pelatihan (Diklat) Dasar Satpam Gada Pratama mengatakan, keterampilan dan kemampuan dasar harus dimiliki sekaligus dikuasai satpam khususnya kemampuan kepolisian terbatas. Selain dedikasi dan loyalitas bukan saja untuk lingkungan kerjanya. Namun ikut berperan aktif mewujudkan keamanan dan ketertiban di tengah-tengah masyarakat. ”Keterampilan dan kemampuan dasar satpam hanya bisa diperoleh lewat mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) dengan kualifikasi Gada Pratama, bukan melalui pelatihaan singkat,’’ kata Ngurah Gunawan.

Ngurah Gunawan mengemukakan, pendidikan dasar satpam Gada Pratama menjadi syarat sebelum melaksanakan tugas sebagai tenaga pengamanan. Mengingat penyelenggaraan pendidikan ini merupakan upaya Polri memberikan dasar-dasar kemampuan, baik tugas pokok sebagai satpam, sikap perilaku maupun dasar ilmu kepolisian terbatas. Sehingga mampu melaksanakan tugas dengan baik, memahami prosedur serta landasan tugas. ”Kami harapkan satpam yang sudah lulus pendidikan dapat berperan aktif sebagai perpanjangan tangan Polri dalam mewujudkan kamtibmas di lingkungan kerja masing-masing,’’ harapnya.

Ngurah Gunawan meminta, lembaga mapun perusahaan tidak mempekerjakan petugas keamanan yang belum memperoleh pendidikan dasar satpam dan memiliki ijazah Gada Pratama. Bila ini dilakukan secara yuridis peran dan fungsi untuk mengamankan lingkungan kerja belum bisa dipertanggung jawabkan. Karena petugas keamanan belum memiliki legalitas dan pengakuan dari Polri serta tidak memiliki kompetensi sebagai petugas keamanan.

BACA  Jelang Hari Raya, Walikota Blusukan ke Pasar Kreneng

Ngurah Gunawan mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh peserta dan panitia penyelenggara yang telah melaksanakan pendidikan dan pelatihan dasar Gada Pratama selama 22 hari dengan baik dan lancar. Sehingga hasil dari diklat ini dapat memberi warna terhadap kegiatan keamanan swakarsa, khususnya menginterpretasikan secara lugas dan aplikatif terhadap Peraturan Kapolri Nomor 24 Tahun 2007 di lapangan. ”Apa yang telah didapat selama mengikuti pelatihan hendaknya dapat dijadikan sebagai modal dasar dalam melaksanakan tugas di tempat kerja masing-masing,’’ paparnya.

Sementara Kasubdit Binsatpam/Polsus Direktorat Binmas Polda Bali, AKBP. Dra. Herini, mengatakan, peserta Pendidikan dan Latihan Satpam Gada Pratama selama dari 9 Agustus hingga 7 September 2017 diikuti 118 dan dua orang dinyatakan tidak lulus karena jarang hadir. Dari 116 satpam yang lulus pendidikan, tiga orang dinobatkan lulus dengan predikat terbaik, yakni lulusan terbaik I diraih Lalu Galih Danurusysyamsi, lulusan terbaik II ditempati I Wayan Sandra, dan lulusan terbaik III diperoleh Suheri.

Menurut Kompol Herini, tujuan pendidikan dasar Gada Pratama ini guna memberikan bekal kemampuan, keterampilan dan pengetahuan dasar satpam serta fungsi kepolisian terbatas. Sehingga satpam memiliki tugas dan kewenangannya dalam menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di tempat kerja masing-masing. ”Pendidikan dasar Satpam Gada Pratama ini agar satpam memiliki kompetensi, legalitas dan mendapat pengakuan serta pengukuhan dari Polri,’’ katanya. (103)

Komentar

Komentar

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>