Di Klungkung, Puluhan Ribu Warga Belum Rekaman E-KTP

By on September 8, 2017
RAPAT - Komisi I DPRD Klungkung menggelar rapat dengan Dinas Kependudukan dan Capil, Jumat (8/9).

Semarapura, DenPost

Jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) dan Gubernur, puluhan ribu warga Klungkung ternyata melakukan perekaman E-KTP. Dari data yang diperoleh di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Klungkung, warga yang wajib mengantongi identitas kependudukan yakni 173.398 orang. Namun dari jumlah tersebut, yang baru melakukan perekaman mencapai 144.352 orang. Masih ada 29.046 orang yang belum melaksanakan perekaman E-KTP.Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Klungkung, Komang Dharma Suyasa, Jumat (8/9) mengatakan, warga yang belum terekam E-KTP tersebut sebagian data semu alias  masih tercatat pada database kabupaten, namun melakukan perekaman di daerah lain akibat pindah tempat tinggal.

Yang belum melakukan perekaman masih puluhan ribu. Ini mayoritas dari Nusa Penida,” katanya.

Menurut Dharma Suyasa, salah satu penyebab banyak warga yang belum melakukan perekaman E-KTP akibat terkendala aksesibilitas. Untuk menyikapi hal itu,  Pemkab telah melakukan upaya jemput bola dengan pengadaan layanan ke masing-masing desa maupun ke sekolah. “Layanam jemput bola sudah diterapkan. Ini kami maksimalkan terus. Sudah menyasar beberapa desa,” katanya. (119)

Komentar

Komentar

BACA  FST dan Yayasan Wira Cita Gelar Donor Darah

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>