Tim Temukan Dua Sapi Idap Cacing Hati

By on September 1, 2017
Tim Temukan Dua Sapi Idap Cacing Hati

Singaraja, Denpost

Tim Veteriner Dinas Pertanian Buleleng menemukan dua ekor sapi yang mengidap penyakit cacing hati. Hal itu diketahui ketika tim melakukan pengecekan post-mortem di wilayah Kelurahan Banyuasri Jumat (1/9).Tim langsung meminta agar daging tersebut tak dibagikan kepada masyarakat karena rentan menular pada manusia. Di sana petugas menemukan cacing hati yang menempel pada jeroan sapi, utamanya hati. Berat hati daging sapi itu diperkirakan mencapai delapan kilogram. Pascapenemuan itu, tim langsung berkoordinasi dengan panitia kurban dan pihak panitia  bersedia memusnahkan hati sapi itu.

“Sementara ini kami temukan pada satu lokasi di Kelurahan Banyuasri. Ada dua ekor yang terjangkit penyakit ini,” kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, drh. I Wayan Susila. Untuk daging lainnya, tidak ditemukan penyakit-penyakit tertentu. Semuanya dalam kondisi sehat dan dinyatakan layak konsumsi. Daging yang tak layak konsumsi, khusus untuk hati sapi saja. Menurut Susila, penyakit cacing hati itu rentan menular pada manusia. Apalagi jika pengolahannya kurang baik. “Saat pemeriksan antemortem, sekilas memang terlihat sehat. Makanya kami lakukan pemeriksaan post-mortem untuk memastikan dagingnya benar-benar layak konsumsi. Jangan sampai daging dengan penyakit dikonsumsi masyarakat,” tandasnya. (118)

Komentar

Komentar

BACA  Bupati PAS Tawarkan “Win-Win Solution”

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>