Produksi Beras Klungkung Kurang 1.517 Ton

By on September 1, 2017
Produksi Beras Klungkung Kurang 1.517 Ton

Semarapura, DenPost

Penyusutan lahan persawahan dan alih komoditas mulai memengaruhi produksi beras di wilayah Klungkung. Buktinya, pada semester I 2017, produksi beras di “Bumi Serombotan” ini minus ribuan ton dari kebutuhan konsumsi masyarakat. Hal ini pun tidak ditampik Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta saat rapat pleno Dewan Ketahanan Pangan Klungkung, Kamis (31/8).Menurut Bupati Suwirta, produksi beras sejak Januari hingga Juni 2017 sebanyak 7.838 ton. Padahal, kebutuhan konsumsi dengan proyeksi jumlah penduduk 177.400 jiwa mencapai 9.409 ton. Artinya, masih terjadi minus 1.571 ton. “Kalau dilihat dari data memang kurang. Tapi jika bicara fakta di lapangan, saat ini masyarakat kita tidak kekurangan beras. Mungkin saja beras luar banyak masuk,” ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta mengatakan akan menggenjot produksi beras di Klungkung. Caranya dengan melakukan pemberdayaan petani, termasuk menggenjot peran Petugas Penyuluh Lapangan (PPL). Selain pemberdayaan, upaya yang ditempuh juga pemberian bantuan alat mesin pertanian (aslintan) untuk mempercepat produksi. (119)

Komentar

Komentar

BACA  Tarif Tiket Goa Lawah Diusulkan Naik

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>