Penyelundupan Ribuan Kilogram Komoditi Ilegal Digagalkan

By on September 1, 2017
DIGAGALKAN - Polisi menggagalkan penyelundupan ribuan kilogram komoditi ilegal masuk Bali di Gilimanuk.
Negara, DenPost
Jajaran Polsek Kawasan Laut Gilimanuk, Jumat (1/9), melaksanakan  pemeriksaan terhadap masuknya barang Ilegal ke wilayah Bali. Hasilnya, petugas menemukan kendaraan box colt Mitsubishi nopol B 9051 SXR yang mengangkut 1,8 ton daging ayam beku. Daging tanpa dokumen kesehatan yang sah tersebut terbungkus plastik bening dengan label “AFC”.

Kanit Reskrim AKP Komang Muliyadi mengatakan, daging ayam tersebut dibawa dari Jombang, Jawa Timur dengan tujuan PT. Aerofood Indonesia, Bali.

Setiap pengiriman hewan, ikan dan mikroorganisme pengganggu tumbuhan, bahan asal hewan dan ikan, hasil bahan asal hewan dan ikan antar pulau katanya harus dilengkapi dengan surat keterangan kesehatan dari kantor karantina asal sesuai dengan UU No 16 thn 1992 tentang Karantina hewan, ikan dan tumbuhan.

Dikatakan Mulyadi, daging ayam tersebut milik CV. Wahana Sejahtera Foods Jombang. Wulliono sopir perusahaan mengatakan dia hanya sebagai sopir disuruh mengangkut saja. “Ini saya kirim sampai 3  kali dalam setiap bulannya, dan untuk dokumennya sudah ada, ” ujarnya.
Setelah dilakukan pemeriksaan atau konfirmasi antara dokumen dengan barang bawaan, ternyata ditemukan perbedaan yaitu riil dalam surat tercantum total berat daging ayam 1.000 kg sedangkan setelah dilakukan penghitungan berat keseluruhan adalah 1.800 kg (1,8 ton). Karena terjadi perbedaan antara dokumen dengan barang bawaan, maka dokumen yang dibawa dinyatakan tidak sah. (120)

Komentar

Komentar

BACA  Gelar Pasukan Patuh Agung Polres Tabanan

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>