Bangun Menara Pantau Balawista, Pemkab Klungkung Siapkan Anggaran Rp 1,7 Miliar

By on September 1, 2017
Bangun Menara Pantau Balawista, Pemkab Klungkung Siapkan Anggaran Rp 1,7 Miliar

Semarapura, DenPost

Kasus laka laut yang berulang terjadi di perairan  Klungkung, khususnya di Nusa Penida dan Lembongan membuat Pemkab berencana membangun menara pantau balawista di beberapa titik. Untuk mewujudkan menara pantau tersebut, Pemkab Klungkung telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp 1,7 miliar dalam APBD Perubahan Tahun 2017. “Anggaran itu memang sudah dipasang di anggaran perubahan tahun ini,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Klungkung, Putu Widiada, Jumat (1/8).Menurut Putu Widiada, pembangunan menara pantau tersebut rencananya akan dibangun di tiga titik. Satu titik di Klungkung daratan yakni di pesisir Pantai Kusamba, Dawan. Sisanya menara pantau akan dibangun di Kecamatan Nusa Penida, yakni di pesisir Pantai Batununggul di pulau Nusa Gede, dan di pesisir Desa Jungutbatu, di Pulau Lembongan.

“Menurut rencana menara pantau balawista tersebut sudah mulai dikerjakan hari Senin (4/9) ini,”  ujarnya.

Putu Widiada menjelaskan, dibangunnya menara pantau Balawista tersebut merupakan salah satu upaya Pemkab Klungkung untuk memaksimalkan pemantauan di pesisir. Terlebih di wilayah Nusa Penida dan Lembongan saat ini berkembang sebagai salah satu destinasi pariwisata bahari favorit bagi wisatawan, dan menjadi wilayah yang  paling rawan terjadi laka laut. (119)

Komentar

Komentar

BACA  Tak Berbadan Hukum

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>