Lagi, Api Sapu Lahan Ilalang di Kubu

By on August 30, 2017
Lagi, Api Sapu Lahan Ilalang di Kubu
Amlapura, DenPost
Untuk ketigakalinya di bulan Agustus ini kasus kebakaran lahan terjadi di Kecamatan Kubu. Setelah dua kejadian di Desa Sukadana, (30/8) kebakaran lahan terjadi di Desa Baturinggit. Sedikitnya tiga hektar lahan ilalang di Banjar Baturinggit Kaja hangus.
Informasi yang dihimpun, lahan yang terbakar mencakup areal kuburan Banjar Baturinggit Kaja. Kebakaran terdeteksi sekitar pukul 11.45 dan langsung direspons Dinas Pemadam Kebakaran Karangasem.

Untuk menangani api yang menyebar cepat, Dinas Damkar mengerahkan lima armada. Pemadaman juga dibantu personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karangasem. Saat tim pemadam tiba, api masih menyala hebat dengan kepulan asap yang tebal. Meski hanya menyapu lahan ilalang, namun karena cukup luas membuat pemadaman butuh waktu hampir lima  jam. Api baru benar-benar tertangani sekitar pukul 17.00.

Kebakaran lahan di Baturinggit Kaja hanya seperlima dari kebakaran di Banjar Kayu Aya, Desa Sukadana yang terjadi Selasa (29/8) siang lalu. Dalam kebakaran di Kayu Aya, api melahap lahan ilalang seluas 15 hektar. Tim Pemadam maupun pihak kepolisian belum bisa memastikan pemicu dari kebakaran tersebut.
Kepala Dinas Damkar Karangasem, I Nyoman Sutirtayasa,  mengatakan, rentetan kasus kebakaran lahan itu juga disebabkan faktor cuaca. Kemarau telah membuat sebagian besar wilayah Kubu mulai menguning sehingga rawan kebakaran. ‘’Itu menjadi atensi kai saat ini,’’ katanya. (117)

Komentar

Komentar

BACA  Opini Bali Edisi 22 Juni 2016

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>