Puluhan Ribu Penduduk Karangasem Belum Rekaman E-KTP

By on August 29, 2017
Puluhan Ribu Penduduk Karangasem Belum Rekaman E-KTP
Amlapura, DenPost
Para pemangku kebijakan di Karangasem yang terkait dengan pelaksanaan pilgub masih dipusingkan oleh sikap sebagian masyarakat yang kurang proaktif untuk urusan administrasi kependudukan. Hingga saat ini, dari 324.642 penduduk wajib KTP, sebanyak 66.460 di antaranya belum melakukan perekaman data E-KTP. Padahal, itu akan menjadi penentua daftar pemilih tetap.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Karangasem, I Nengah Sumidia, Selasa (29/8) mengakui ada banyak tantangan untuk merampungkan tugas perekaman data penduduk. Yang paling menyulitkan adalah keengganan warga untuk datang melakukan perekaman data. Padahal, Disdukcapil sudah melakukan pola jemput bola dengan mengerahkan sumber daya langsung ke dusun-dusun. ‘’Untuk pola jemput bola itu, kami sudah berkoordinasi dengan para kepala dusun,’’ katanya.

Namun upaya mengejar penuntasan perekaman jauh panggang dari api. Antusiasme masyarakat  yang diharapkan oleh Disdukcapil, sering kali tidak terjadi. Meski data penduduk yang belum melakukan perekaman cukup banyak namun yang datang ke tempat perekaman tidak maksimal. (117)

Komentar

Komentar

BACA  Hotel Mangkrak Terbakar, Damkar Kerahkan Lima Armada

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>