Masyarakat Keluhkan Elpiji Isi Tiga Kilogram

By on August 15, 2017
Masyarakat Keluhkan Elpiji Isi Tiga Kilogram

Denpasar, DenPost

Yayasan Lembaga Perlindungan Konsumen (YLPK) Bali  menerima  pengaduan konsumen terkai elpiji  tiga kilogram yang diduga isinya  tidak sesuai dengan ukurannya. Selama  empat bulan (Mei-Agustus 2017) pihaknya menerima 57 pengaduan terkait hal tersebut.Ketua YLPK Bali, I Putu Armaya, Selasa (15/8) mengatakan, pengaduan tersebut diterima dari berbagai kabupaten/kota di Bali seperti Denpasar, Badung, Buleleng, Tabanan dan Negara. “Ini baru laporan dari  lima daerah, kemungkinan di luar sana masih banyak lagi pengaduan serupa namun  banyak yang enggan menyampaikannya,” ungkapnya.

Dikatakan Armaya,  hal yang diadukan konsumen selama ini terkait gas elpiji ukuran tiga kilogram yang isinya tidak sesuai dengan ukuran. Hal tersebut dilihat dari ampere di regulator tidak penuh bahkan hanya setengah. “Bahkan di Desa Pedawa, Banjar, Buleleng banyak masyarakat yang mengeluh  dan mengadukan kepada kami karena isinya yang  sangat kurang. Masyarakat mengadukan bahwa  gas yang dibeli hanya bisa digunakan beberapa hari padahal hanya untuk memasak kebutuhan sehari-hari,” jelasnya. Menurutnya, ini merupakan pelanggaran  dan sangat merugikan konsumen.

Karenanya dia mengimbau  kepada  konsumen apabila menemukan gas elpiji ukuran tiga kilogram yang isinya kurang agar dikembalikan kepada pedagang. Konsumen jika dirugikan, lanjut dia,  dapat  melaporkan dugaan tindak pidana konsumen sesuai pasal 8 dan pasal 62 UU Nomor  8  tahun  1999 tentang Perlindungan Konsumen. Sanksi bagi pelanggar yakni ancaman pidana penjara 5 tahun atau denda paling banyak Rp 2 miliar. (126)

 

Komentar

Komentar

BACA  Gelar Bazar

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>