Hidup Sebatang Kara, Ragia Huni Rumah Reyot

By on August 11, 2017
WARGA MISKIN - Warga miskin di Banjar Seribatu, Desa Penglumbaran, Ragia, menempati rumah reyot.

NASIB Wayan Ragia (50) sangat tidak beruntung. Buruh potong bambu asal Banjar Seribatu, Desa Penglumbaran, Susut ini menempati rumah reyot yang tidak layak huni. Selain kondisi rumahnya yang tidak layak ditempati, dia juga hidup sebatang kara sejak puluhan tahun lalu.Ditemui Jumat (11/8), Ragia menuturkan, dia tidak memiliki saudara maupun istri. Sejak ditinggal mati kedua orangtuanya, dia hanya tinggal sendirian. Mirisnya, dengan kondisi tanpa saudara, ekonominya juga morat-marit. Dia hanya mengandalkan hidup dari buruh serabutan. ‘’Kalau ada yang menyuruh mencari tiing (bambu) saya carikan. Tetapi lebih sering tidak mendapatkan pekerjaan,’’ akunya kepada DenPost.

Kalaupun dapat pekerjaan, terang Ragia, dia hanya mendapatkan upah Rp 20 ribu per hari. Karena tidak memiliki pekerjaan tetap, dia pun mengaku sering tidak makan. Rumah yang ditempatinya sekarang merupakan peninggalan orangtuanya. Kondisinya sekarang sudah rusak parah dan tidak layak ditempati. Selain bocor, dindingnya juga banyak bolong.  ‘’Sekarang kondisinya sudah lebih layak karena dibantu bedeg oleh sebuah komunitas kemanusiaan. Sekarang juga sedang dibuatkan rumah yang layak,’’ ulasnya.

Kendati kondisi ekonominya sangat miskin, namun Ragia mengaku tidak mendapatkan bantuan bedah rumah. Penyebabnya karena dia tidak berkeluarga. Selama ini dia hanya mendapatkan bantuan beras sejahtera (rastra) dari pemerintah sekitar 15 kilogram per bulan.

Rumah yang ditempati tersebut juga tidak memiliki listrik PLN. Kendati dia menggunakan listrik, itupun dapat minta dari tetangganya. Dalam rumah reyot yang ditempati tidak ada barang elektronika seperti TV. Tempat tidurnya hanya menggunakan dipan yang jauh dari ukuran layak. (dek)

Komentar

Komentar

BACA  Jelang Tarif Baru

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>