Didatangi Satpol PP, Warga Galian C Melawan

By on August 10, 2017
PENERTIBAN  - Satpol PP saat turun melakukan penertiban galian C.
Amlapura, DenPost
Polemik seputar aktivitas penggalian di wilayah Karangasem terus berlanjut dan belakangan mulai memicu perlawanan. Seperti yang terjadi di galian C di wilayah Banjar Bukit Paon, Desa Buanagiri, Kecamatan Bebandem. Masyarakat setempat yang bekerja di sektor itu melawan hingga membuat petugas Satpol PP yang turun melakukan penertiban harus pulang dengan tangan hampa.

Personel Satpol PP Pemkab Karangasem dipimpin Kabid Trantib Made Begananda mendatangi galian C milik Rinten itu, Rabu (9/8) lalu. Mereka datang untuk mengecek kelengkapan dokumen perizinanannya.Sidak diwarnai debat namun tak sampai rusuh. Saat itu, masyarakat dan pekerja yang didampingi I Nyoman Pasek, menolak menghentikan aktivas penggalian dengan alasan lahan yang digali milik mereka sendiri.

Nyoman Pasek, Kamis (10/8) mengaku terpaksa terlibat dalam urusan tersebut karena menganggap langkah pemerintah telah keliru dalam mengelola potensi galian C. Menurut dia, aktivitas penggalian yang terjadi selama ini tidak semata-mata untuk mengeruk kekayaan alam hasil letusan Gunung Agung tersebut. Ada kelompok masyarakat yang melakukan penggalian karena terpaksa. ‘’Dampak bencana harusnya menjadi tanggung jawab pemerintah. Ini masyarakat menggali untuk mengembalikan kondisi lahan mereka yang tertutup lahar. Pemerintah dengan segala piranti hukum yang dibuat seharusnya melindungi mereka,’’ujarnya.
(117)

Komentar

Komentar

BACA  Walikota Rai Mantra

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>