Petani Garam di Kusamba Keteteran Produksi Garam

By on August 8, 2017
PETANI GARAM  - Kondisi petani garam di Desa Kusamba, Dawan, Klungkung, Selasa (8/8).

Semarapura, DenPost

Kelangkaan garam yang terjadi belakangan ini mulai menguntungkan petani garam di Desa Kusamba, Dawan, Klungkung. Hanya saja petani garam di Kusamba keteteran memproduksi garam. Mereka tidak bisa memenuhi kebutuhan garam dari tengkulak lantaran kondisi cuaca yang tidak mendukung. Belum lagi lokasi penggaraman di tepi pantai mulai terkikis abrasi.“Ya, sekarang kami mulai untung karena harga garam naik. Tapi kami kesulitan membuat garam karena kondisi cuaca tidak mendukung, karena tidak ada sinar matahari, ” ujar salah seorang petani garam Kusamba, Dewa Ketut Candra (75), Selasa (8/8) .

Menurut Dewa Candra, harga garam Kusamba kini tembus Rp 20 ribu untuk satu rontong atau 1,25 kg dari harga sebelumnya yang hanya Rp 8.000 untuk satu rontong.  “Biasanya kalau cuaca normal dan cerah kami bisa memproduksi garam sampai 15 kilogram per hari. Tapi melihat kondisi sekarang, hasilnya tidak maksimal,” katanya.

Perbekel Kusamba, Ketut Winastra, mengatakan, jumlah petani garam di Kusamba mulai menyusut. Jumlahnya kini hanya tinggal 17 orang dari sebelumnya yang mencapai ratusan orang. Menyusutnya petani garam di Kusamba diakibatkan karena hasilnya kurang menjanjikan. “Masalah yang sekarang, lahan pembuatan garam di Kusamba mulai terkikis abrasi. Paling parah di sebelah timur Pantai Karangdadi,” ujar Winasta.

Winastra berharap Pemkab bisa memfasilitasi menyediakan lahan bagi petani garam di Kusamba. Dia yakin, kalau lahan penggaraman sudah tersedia dan didukung pemerintah maka banyak warga yang kembali menggeluti pekerjaan tersebut. (119)

Komentar

Komentar

BACA  Satu Hektar Lahan di Bantaran Sungai Unda Terbakar

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>