Belasan Ribu Anak di Klungkung Belum Kantongi Akta Kelahiran

By on July 17, 2017
Belasan Ribu Anak di Klungkung Belum Kantongi Akta Kelahiran

Semarapura, DenPost

Kesadaran masyarakat Klungkung mengurus akta kelahiran ternyata masih rendah. Berdasarkan data terakhir yang diperoleh di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Klungkung, jumlah anak usia 0 sampai 18 tahun mencapai 64.504 jiwa. Namun dari jumlah tersebut, baru 47.270 jiwa atau 73,28 persen yang mengantongi akta kelahiran. Sisanya sekitar 17.234 jiwa atau 26,72 persen belum mengantongi akta kelahiran.Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data Disduk Capil Klungkung, Nengah Udayana, Senin (17/7) tidak menampik hal tersebut. Menurut Udayana, salah satu pemicunya karena orangtua belum mengantongi akta perkawinan yang menjadi persyaratan utama dalam pengurusan. Namun pihaknya mengklaim warga yang mengurus akta kelahiran sudah  di atas 70 persen.

Untuk menangani hal itu, Pemkab terus melakukan upaya percepatan. Caranya tidak hanya dengan menggencarkan sosialisasi ke masyarakat, tetapi juga bekerjasama dengan sejumlah puskesmas. Selain itu, juga melalui pemasangan program SIAK terintegrasi di sejumlah desa atau kelurahan yang tersebar di Kecamatan Nusa Penida, Dawan, Banjarangkan dan Klungkung. Program ini melayani penginputan data kelahiran anak usia di bawah 60 hari. (119)

Komentar

Komentar

BACA  Kawasan Angel Billabong Dipasangi Garis Polisi

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>