Pengiriman Barang ke Nusa Penida Terhambat Cuaca Buruk

By on July 13, 2017
BURUH ANGKUT - Sejumlah buruh angkut barang terlihat kesulitan menaikkan barang karena situasi gelombang di tepi Pantai Kusamba cukup besar, Kamis (13/7).

Semarapura, DenPost

Angin kencang yang terjadi belakangan ini mengganggu pengiriman barang ke Nusa Penida, Klungkung. Hal ini terlihat di Pelabuhan Barang Mongalan, Desa Kusamba, Dawan, Kamis (13/7) kemarin. Akibat cuaca buruk, sampan yang mengirim barang ke Nusa Penida hanya sekali dalam sehari. Pemilik sampan terpaksa mengurangi muatannya karena situasi gelombang cukup besar. Dari pantauan di lapangan, sejumlah material bahan bangunan masih terlihat menumpuk di Pelabuhan Mongalan, Kusamba. Sampan juga sedikit kesulitan berlabuh di tepi pantai karena ombak besar.

“Cuacanya sangat jelek. Anginnya kencang sehingga sampan sulit berlabuh,” ujar salah sorang nakhoda, Wayan Suarno, Kamis (13/7).

Menurut Suarno, kondisi ini tidak hanya membuat pemilik sampan mengurangi jadwal penyeberangannya, namun juga mengurangi muatannya.

Sementara itu, cuaca buruk juga berdampak terhadap penghasilan buruh angkut di pelabuhan. Penghasilan yang mereka dapat kini mulai menurun karena sampan yang mengirim maupun yang berlabuh hanya sekali dalam sehari. “Cuaca sangat berpengaruh sekali. Jika kondisi normal, kita dapat upah bersih Rp 70 ribu sampai Rp 80 ribu. Tapi sekarang karena gelombang besar paling hanya dapat Rp 50 ribu sehari,” ujar salah seorang buruh angkut, Wayan Siantara.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klungkung, Putu Widiada mengatakan sesuai prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah III Denpasar, gelombang tinggi disertai angin kencang masih berlangsung beberapa minggu ke depan.  (119)

Komentar

Komentar

BACA  Kemalingan, “Dadong” Kasi Rugi Puluhan Juta Rupiah

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>