Danau Batur Kembali Semburkan Belerang, Ikan-ikan Terancam Mati

By on July 13, 2017
KERAMBA - Seoran petani keramba di Danau Batur saat mengecek ikan.

Bangli, DenPost

Danau Batur di Kecamatan Kintamani, Bangli kembali menyemburkan belerang. Kondisi ini disebabkan oleh cuaca ekstrem yang menyelimuti kawasan tersebut sejak seminggu terakhir. Semburan belerang di dasar Danau Batur muncul sejak Rabu (12/7). Kondisi mengancam kehidupan ikan-ikan milik petani keramba.Petani ikan di Desa Buahan, Kintamani, Made Antara, mengatakan, semburan belerang ditandai dengan perubahan warna air danau menjadi hijau. Menurut Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Bangli, sejak muncul belerang pemilik keramba tidak berani melihat ikannya ke danau. Karena jika dipaksanakan melihat atau memberi pakan, ditakutkan ikan stres dan banyak mati. ‘’Ikan-ikan liar sudah mulai bermunculan ke permukaan danau.  Kalau kondisi di keramba kami belum tahu karena tidak ada petani berani melihat ikannya di keramba,’’ ujarnya, Kamis (13/7).

Kendati terjadi semburan belerang namun dia memastikan kondisinya belum terlalu parah. Jika cuaca ekstrem terus berlanjut, dipastikannya Jumat besok ikan-ikan banyak yang mati.

Lanjut mantan Perbekel Buahan ini, karena cuaca dingin, petani sudah menyadari akan muncul bencana tersebut. Beberapa pemilik keramba sudah melakukan panen ikan lebih awal. Itupun harganya juga cukup murah yakni Rp 23 ribu per kilogram dari harga normal Rp 26 ribu per kilogram.
Kasat Polair Polres Bangli, AKP Made Reda, mengatakan, semburan belerang muncul di Desa Buahan hingga Dermaga Kedisan. Di sepanjang danau yang terjadi semburan diakui terdapat banyak keramba. Hanya sejauh ini belum ada laporan terjadinya kematian ikan. (122)

Komentar

Komentar

BACA  Simulasi UNBK di SMK TI Bali Global

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>