Bupati dan Walikota yang Tarung di Pilgub Tak Wajib Mundur

By on July 13, 2017
Bupati dan Walikota yang Tarung di Pilgub Tak Wajib Mundur
Renon, DenPost
Ini kabar baik bagi bupati, wakil bupati, walikota, dan wakil walikota yang ikut bertarung dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bali 2018 nanti. Mereka tidak wajib mundur dari jabatannya sepanjang mengikuti Pilgub dalam satu provinsi. Mereka hanya wajib cuti selama masa kampanye. Itu ditegaskan Ketua KPU Provinsi Bali, Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, terkait aturan baru yang tertuang dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan, Kamis (13/7).

Menurut Raka Sandi, aturan itu tertuang dalam pasal 4 ayat (1) huruf q angka 2. Dalam pasal tersebut ditegaskan, bagi bupati/walikota yang mencalonkan diri sebagai gubernur di satu provinsi tidak harus mengundurkan diri. Kecuali mereka mencalonkan diri sebagai gubernur di lain provinsi.

Seperti diketahui, sejumlah kepala daerah saat ini ancang-ancang ikut bertarung dalam Pilgub Bali 2018. Walikota IB Rai Dharmawijaya Mantra mendaftar ke PDI Perjuangan untuk berebut rekomendasi DPP agar dicalonkan sebagai gubernur. Demikian juga Bupati Tabanan, Putu Eka Wiryastuti, ikut berebut rekomendasi DPP PDI Perjuangan untuk menjadi calon gubernur. Sementara Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ikut bertarung merebut rekomendasi DPP PDI Perjuangan untuk dicalonkan sebagai wakil gubernur dalam Pilgub Bali 2018 mendatang.

Sementara mengenai proses dan tahapan Pilkada serentak 2018, menurut Raka Sandi, sudah dimulai dan sudah diluncurkan KPU RI. Pengaturan tahapan secara detil diatur dalam PKPU No. 1 Tahun 2017. Dikatakannya, untuk KPU Bali saat ini tahapan telah berjalan, koordinasi secara intensif juga telah dilakukan termasuk koordinasi dengan berbagai pihak, baik internal KPU maupun dengan pemangku kepentingan lainnya untuk memastikan bahwa tahapan akan berjalan sesuai jadwal dan ketentuan yang berlaku. Sejumlah persiapan seperti rakor, sosialiasisasi, persiapan regulasi dan sejumlah juknis sedang dikerjakan. (106)

Komentar

Komentar

BACA  SMA PGRI 4 Denpasar Target Ikut UNBK 2017

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>