Singa Bali Safari Lepas

By on July 12, 2017
Singa Bali Safari Lepas

Gianyar, DenPost

Seekor singa afrika milik Bali Safari Marine Park belum lama ini lepas dari kandangnya. Pawang berusaha menjinakkan, namun singa tersebut malah semakin beringas dan mau menyerang. Pihak Bali Safari kemudian meminta bantuan polisi. Bukan saja polisi turun ke lokasi, petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) juga terjun. Petugas dengan kendaraan khusus milik Bali Safari berusaha menjinakkan dan melumpuhkan singa  tersebut menggunakan bius, namun tidak mempan. Bahkan, singa tersebut hampir kabur ke perumahaan penduduk terdekat yakni Serongga, GianyarKarena khawatir akan menimbulkan korban jiwa dan singa lari kemana-mana, dengan berbagai pertimbangan dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bali dan Polda Bali, petugas terpaksa menembak singa tersebut menggunakan senjata laras panjang. Begitu ditembak dua kali, peluru mengenai bagian kepala dan singa afrika itu langsung tersungkur dan mati.

Informasi yang berhasil dihimpun di lapangan menyebutkan, singa afrika itu memang dipelihara khusus di Bali  Safari dan bukan untuk atraksi (sirkus) kepada penonton. Kandangnya dilengkapi kawat ling yang dialiri listrik. Namun saat itu  listrik mengalami gangguan sehingga singa bisa keluar dari kandangnya bahkan keluar dari areal Bali Safari.

Kapolsek Kota Gianyar, Kompol Adnan Pandibu,saat dihubungi membenarkan kejadian singa kabur dari kandangnya tersebut. Namun diakuinya, kejadian tersebut sudah beberaa waktu lalu. Dia menambahkan, saat itu pihak kebun binatang meminta mengeksekusi singa tersebut. Bahkan permintaan juga datang dari BKSDA Bali. Akhirnya, sebelum mengambil jalan terakhir, Polres Gianyar memohon petunjuk ke Polda Bali. Singa tersebut pun terpaksa “ditidurkan”.

Humas Bali Safari dan Marine Park, Ayu Marbun, saat dimintai konfirmasi membantah kabar ada singa lepas dari kandangnya. “Info dari mana? Gak ada kok, sistem keamanan aman,”ujar Ayu Marbun melalui pesan WhatsApp (WA). Disinggung soal singa yang tidak bisa dijinakkan sehingga terpaksa ditembak petugas, Ayu mengaku tidak tahu-menahu. “Aku aja gak dengar kabar begitu,” kilahnya. (116)

BACA  Buruh Keramba Tewas Tenggelam

Komentar

Komentar

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>