Libur Lebaran, Pasokan Menurun, Harga Ikan Laut Melonjak

By on June 29, 2017
IKAN - Salah seorang pedagang  tengah menawarkan ikan laut di Pasar Badung.

Sanur, DenPost

Libur Lebaran juga mempengaruhi kenaikan harga ikan laut di pasaran. Kenaikan rata-rata mencapai Rp 5.000- Rp 10.000 per kilogram. Hal tersebut diakui  pedagang di Pasar Badung dan juga sejumlah nelayan.Jero Sukri, salah satu pedagang yang ditemui di Pasar Badung menuturkan, kenaikan harga tersebut sudah terjadi sejak mulai libur Lebaran. Hal itu lantaran pasokan yang diterima terbatas. “Ikan laut yang saya jual ini kebanyakan datang dari luar Bali, kemungkinan karena liburan ini  banyak nelayan yang tidak melaut sehingga stok jadi berkurang yang mengakibatkan peningkatan harga,” katanya, Kamis (29/6).

Dikatakannya, ikan kerapu  yang sebelumnya  dijual Rp 50 ribu saat ini melonjak menjadi Rp 60 ribu per kilogram. Sementara cumi-cumi yang biasanya Rp 60 ribu menjadi Rp 65 per kilogram.

Kenaikan harga ikan laut tersebut juga diakui  salah satu nelayan  yang  tergabung dalam kelompok Mina Sari Asih di Sanur, I Wayan Sindhu. Dikatakannya, kenaikan harga juga dipengaruhi oleh naiknya harga umpan.  Pasalnya, sejak libur Lebaran, umpan susah dicari. “Untuk umpan biasanya dijual oleh masyarakat muslim. Karena kebanyakan mudik jadi susah cari umpannya. Walapun ada, namun harganya sedikit mengalami peningkatan,” katanya. (126)

Komentar

Komentar

BACA  Modal Terbatas Menjadi Penghalang Pengembangan Usaha

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>