Alami Diskriminasi, Tujuh Atlet Taekwondo Lapor ke Polda

By on June 19, 2017
DISKORSING - Atlet berprestasi berusia belasan tahun yang mewakili Pengkot TI Denpasar diskorsing tanpa alasan jelas dan tidak diizinkan mengikuti pertandingan apapun.

Denpasar, DenPost

Tujuh atlet Taekwondo Indonesia (TI) yang mengikuti kejuaraan Malaysia Open 2016 lalu mengaku mengalami diskriminasi oleh Pengurus Provinsi (Pengprov) TI Bali. Atlet berprestasi berusia belasan tahun yang mewakili Pengkot TI Denpasar itu diskorsing tanpa alasan jelas dan tidak diizinkan mengikuti pertandingan apapun. Akibat skorsing itu, para atlet mengalami trauma.

Salah seorang atlet, Ni Kadek Nia Ananda Suryandari, mengaku akibat skorsing yang dikeluarkan secara sepihak oleh Pengprov TI Bali itu, dia memutuskan pindah tempat dojang (tempat latihan) karena dilarang latihan di dojang sebelumnya.  Tidak itu saja, Ananda dan temannya I Putu Bagus Pramananda saat mengikuti latihan ekstrakurikuler taekwondo di sekolahnya di SMPN I Denpasar dipisahkan dengan siwa lainnya. “Akibat skorsing itu saya dan teman yang juga atlet TI Bali, latihan terpisah dengan siswa lainnya. Alasan pelatih, karena khawatir yang lainnya akan terkena skorsing juga bila latihan bersama,” ujarnya, Senin (19/6). Karena dihawatirkan akan berpengaruh negatif terhadap perkembangan psikologis para atlet tersebut, pihak orangtua yang diwakili kuasa hukum para atlet, Siti Sapurah, mengadukan kejadian itu ke Polda Bali. “Mereka masih anak di bawah umur serta berprestasi mengharumkan nama Bali dan Indonesia tidak sepantasnya mengalami hal seperti ini. Kami sudah laporkan Ketua Pengprov TI Bali, Lan Ananda ke Polda Bali. Namun laporan kami belum ada tanggapan,” katanya.

Sementara Kabid Humas Polda Bali, AKBP Hengky Widjaja, mengaku belum memonitor laporan itu. “Mungkin laporan itu dinilai tidak ada unsur pidananya dan masuk ranah perdata,” katanya. (124)

 

Komentar

Komentar

BACA  Penerapan Kantong Plastik Berbayar Belum Efektif

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>