Ratusan Pengusaha Jasa Pariwisata Diduga Buang Limbah Sembarangan

By on May 19, 2017
Ratusan Pengusaha Jasa Pariwisata Diduga Buang Limbah Sembarangan

Mangupura, DenPost

150 pengusaha di bidang jasa pariwisata dan jasa industri perdagangan di Kabupaten Badung, mendapat peringatan khusus dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Badung. Pengusaha tersebut mendapat peringatan karena masuk daftar hitam pembuang limbah bahan beracun dan berbahaya (B3) tidak sesuai standar operasional prosedur (SOP).Kepala DLHK, Putu Eka Merthawan, Jumat (19/5) mengatakan, akhir Mei 2017 ini pihaknya akan menyerahkan peringatan tersebut dan juga memanggil semua pengusaha yang membuang limbah B3 secara sembarangan.

Menurut Eka, pengolahan limbah B3 sudah jelas diatur dalam  Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 101 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya Dan Beracun, UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Perda 23 Tahun 2010 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Perbup Badung Nomor 55 Tahun 2010, Perbup Badung Nomor 31 Tahun 2011, dan Perbup Badung Nomor 20 Tahun 2015.

Diungkapkan Eka, salah satu aduan pembuangan limbah sembarangan itu  ada di sekitar ITDC Nusa Dua persisnya  di aliran air sungai yang ada di dekat hotel  ST Regis. Aduannya sudah dari seminggu lalu. “Senin ini kami menurunkan tim ke sana, kami ada kendala di uji laboratorium, kalau melihat kan gampang, begitu turun kami ambil sampel uji lab untuk memastikan itu air apa. Makanya kami lakukan uji lab juga.  Kami tidak mau membuat kesimpulan yang membuat orang ribet.  Sekali kami turun minimal kami  ada analisis dan langsung tindak lanjut, ” tegasnya. (115)

Komentar

Komentar

BACA  Ikan Mati Akibat Belerang Diprediksi 15 Ton

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>