Ada Jalur Lingkungan Lokal Dalam PPDB SMA/SMK Negeri

By on May 19, 2017
PPDB - Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Bali, Wayan Sarinah (kiri) bersama Karo Humas dan Protokol Pemprov Bali, Dewa Mahendra Putra, saat memberikan keterangan masalah PPDB SMA/SM.

Renon, DenPost

Dinas Pendidikan Provinsi Bali mengumumkan mekanisme Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk SMA dan SMK negeri. Kini ada empat jalur yang bisa ditempuh siswa lulusan SMP/MTs untuk bisa masuk ke SMA dan SMK negeri. Yang baru adalah penerimaan lewat Jalur Lingkungan Lokal. “Jalur Lingkungan Lokal ini baru. Acuannya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 17 Tahun 2017,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Bali, Wayan Sarinah, Jumat (19/5).Menurut Sarinah, sesuai Permendikbud, PPDB dilakukan lewat empat jalur. Yakni Jalur Regular atau dikenal selama ini sebagai jalur Nilai Ujian Nasional, Jalur Prestasi, Jalur Keluarga Miskin, Inklusi dan Kesetaraan, serta Jalur Lingkungan Lokal. Dikatakan, Jalur Lingkungan Lokal merupakan jalur baru. Jalur ini dimaksudkan, jangan sampai anak-anak di lingkungan dekat suatu sekolah (SMA/SMK) tidak bisa sekolah. Lantas mereka berhenti sekolah karena harus sekolah di tempat yang jauh.

Dijelaskan, Jalur Lingkungan Lokal itu kuotanya 10 persen untuk masing-masing sekolah. Syaratnya, peserta harus menyerahkan kartu keluarga (KK), dengan tanggal cetak 1 Januari 2017. Artinya, KK yang tercetak setelah tanggal itu tidak berlaku. Wilayahnya juga hanya dalam satu kecamatan. Kalau sekolah berada di Kecamatan Denpasar Barat, misalnya, maka yang berhak dapat kuota jalur ini adalah anak-anak dari Kecamatan Denpasar Barat.

Seleksi untuk Jalur Lingkungan Lokal berdasarkan pertimbangan dari pihak sekolah dengan Penanggungjawab Lingkungan Lokal. Penanggungjawab Lingkungan Lokal adalah Ketua Komite Sekolah dengan anggota kepala desa/kepala desa/lurah/bendesa adat/kepala lingkungan setempat. Siswa yang mendaftar lewat jalur ini harus datang langsung dengan menunjukkan kartu keluarga (KK).

Untuk jalur ini pendaftaran dilakukan pada 19-21 Juni. Seleksi Administrasi 21-24 Juni 2017. Perankingan 29-30 Juni. Pengumuman 1 Juli dan pendaftaran kembali 3-5 Juli. (106)

BACA  Opini Bali Edisi 13 Januari 2016

Komentar

Komentar

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>