Grak Sembahyang di Kamar Bung Karno

By on May 18, 2017
SEMBAHYANG – Aktivis Grak ketika melaksanakan sembahyang di kamar Bung Karno di  Hotel Inna Bali Denpasar.

Dauh Puri, DenPost

Aktivis Gerakan Anti-Khilafah (Grak) menggelar sembahyang di kamar nomor 77 di Hotel Inna Bali, Jalan Veteran Denpasar, Kamis (18/5). Sembahyang dilakukan agar spirit Bung Karno menular kepada generasi muda untuk menjaga NKRI.Aktivis yang ikut dalam sembahyang tersebut yakni Ketua Grak, Nyoman Mardika, pengarah, Nyoman Sudiantara, sejarawan yang juga kolumnis, Made Sudira, wartawan Bambang Bom, Rofiqi Hasan, dan beberapa aktivis lainnya.

Menurut Mardika, sembahyang tersebut merupakan bagian dari kegiatan Dialog Kebangsaan yang akan digelar pada Sabtu, 20 Mei mendatang. Dalam dialog tersebut akan menghadirkan tokoh agama Gus Nuril dan sosiolog dari Unud, Wahyu Budi Nugroho. Dialog dimaksudkan agar anak-anak muda memahami apa itu khilafah dan mengapa Indonesia harus menolaknya.

Sementara Nyoman Sudiantara mengatakan, kegiatan tersebut tidak ada kaitannya dengan politik di luar daerah. Menurutnya, kegiatan tersebut murni karena kepedulian sebagai anak bangsa yang tidak boleh diam kalau ada yang ingin mengubah Pancasila sebagai dasar negara. “NKRI harga mati. Tidak boleh diubah sampai kapanpun,” katanya.

Sementara kolumnis Made Sudira atau yang sering disapa Aridus menyatakan bahwa kamar 77 itu selalu ditempati Bung Karno jika ke Bali, sebelum Istana Tampak Siring rampung. Dulu kamar tersebut bernomor 50. Letaknya di Utara. Kata dia, dengan berdoa di kamar yang biasa ditempati Bung Karno diharapkan spirit Bung Karno dalam mendirikan negara ini menular kepada peserta Dialog Kebangsaan nantinya.

Rofiqi Hasan menambahkan, setelah acara Dialog Kebangsaan nantinya akan dilakukan penandatanganan kain yang akan diletakkan di kawasan Patung Catur Muka Denpasar. Pada saat acara yakni antara pukul 14.00 hingga 17.00, jalan menuju Patung Catur Muka akan ditutup. Karena itu, ia meminta masyarakat untuk maklum. (106)

BACA  Trotoarisasi Teuku Umar Bisa Picu Banjir

Komentar

Komentar

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>