Yuyu Serang Hektaran Lahan Pertanian Warga Bebalang

By on May 17, 2017
DISERANG YUYU – Petani menggarap lahannya yang diserang hama yuyu.

Bangli, DenPost
Serangan hama yuyu (kepiting) di Subak Lagaan, Banjar Tegal, Kelurahan Bebalang, Bangli sangat meresahkan petani setempat. Masalahnya, yuyu merusak sebagian besar padi yang baru ditanam. Jika tidak segera ditanggulangi, dikhawatirkan petani mengalami gagal panen. Menurut petani setempat, Jero Mangku Mudiana, yuyu yang merusak tanaman padi bersembunyi di pematang sawah. Hama yuyu kian mengganas sejak telabah (saluran air) dibeton, sehingga yuyu berpindah tempat ke pematang sawah dan merusak tanaman padi. “Biasanya yuyu menyerang tanaman saat malam hari. Padi yang baru ditanam dipotong dengan japitnya hingga tanaman rusak,” ujarnya, Rabu (17/5).Untuk penanganan hama tersebut, sebagian petani berusaha melakukan penyemprotan. Tetapi usaha itu tidak membuahkan hasil. Sebaliknya serangan yuyu kian mengganas.
Dimintai konfirmasi terpisah, Kadis Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Bangli, Wayan Sukartana, mengatakan, penanganan tidak bisa dilakukan dengan pestisida karena akan berpengaruh pada lingkungan. “Penanganan yuyu ini hampir sama dengan hama tikus. Harus dilakukan bersamaan,” katanya. (122)

Komentar

Komentar

BACA  Opini Bali Edisi 26 November 2015

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>