Kalau Anggaran Bermasalah, Pilgub Bali Diminta Ditunda

By on May 17, 2017
DISKUSI – Anggota DPD RI, Gede Pasek Suardika, ketika berdiskusi dengan anggota Bawaslu Bali.

Renon, DenPost

Kalau Pemprov Bali dan Pemkab Gianyar tidak serius menyelesaikan masalah anggaran pilkada, diusulkan agar Pilgub Bali dan Pilkada Gianyar ditunda saja. Itu disampaikan anggota Komite I DPD RI, Gede Pasek Suardika, saat mengecek persiapan pilkada serentak 2018 ke Bawaslu Bali, Rabu (17/5).Pasek mengaku terkejut mendapat informasi di Bawaslu Bali bahwa Pemprov Bali dan Pemkab Gianyar terkesan kurang serius mendukung pilkada serentak 2018. Itu terlihat dari dukungan anggaran dana kepada Bawaslu Bali dan Panwaslu Gianyar.

Pasek mengatakan harus mengecek kesiapan pilkada karena tugas sebagai anggota Komite I DPD RI. Menurutnya, jika Pemprov Bali dan Pemkab Gianyar tidak serius memberikan dukungan anggaran, lebih baik Pilgub Bali dan Pilkada Gianyar 2018 ditunda dan diikutkan dalam pilkada serentak berikutnya yakni tahun 2019. Untuk menjalankan tugas-tugas Gubernur dan Bupati Gianyar bisa diangkat pelaksana tugas (plt.).

Menurut Pasek, ongkos demokrasi memang mahal. Namun, untuk Bali anggaran yang diusulkan Bawaslu Bali Rp 64 miliar sangat kecil dibanding daerah lain. Ia menduga, pihak yang membahas anggaran tidak mengerti Undang-undang tentang Pilkada yang baru. Kata dia, dalam undang-undang yang baru, beban KPU dan Bawaslu cukup berat.

Sementara Ketua Bawaslu Bali, Ketut Rudia, mengatakan, sejak 2016 pihaknya sudah berproses mengajukan anggaran. Ia mengajukan anggaran Rp 73 miliar, kemudian disepakati Rp 68 miliar. Tapi, ketika masuk APBD 2017, pihaknya tak kunjung mendapat kejelasan dari Pemprov Bali dan Pemkab Gianyar. Justru Pemkab Klungkung yang memberi kepastian anggaran Rp 5,4 miliar. (106)

Komentar

Komentar

BACA  Tiga Nama Teratas Nyaris Pasti Saling Sikut

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>