Ratusan PBI di Klungkung Pindah Jadi Peserta Mandiri

By on May 15, 2017
JKN-KIS - Warga sedang melakukan pendaftaran kepesertaan JKN -KIS di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Bali Timur, Senin (15/5).

Semarapura, DenPost

Ternyata tidak semua warga senang menjadi Peserta Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan. Untuk di Klungkung, ada 574 PBI yang pindah menjadi peserta kategori Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri (bayar sendiri). Apalagi mereka yang terdaftar sebagai PBI ini hanya mendapat fasilitas kesehatan kelas III. Mereka juga tidak bisa naik kelas karena dibiayai oleh pemerintah. Hal ini diakui Kepala BPJS Kesehatan Cabang Klungkung, Nengah Sutrisni, Senin (15/5).Menurut Sutrisni, ada beberapa faktor yang menyebabkan peserta PBI pindah menjadi peserta mandiri. Di antaranya mereka ingin naik kelas, sudah ada peningkatan taraf hidup seperti pindah kerja termasuk ada yang sudah meninggal. Sementara itu, jumlah peserta BPJS Kesehatan di Klungkung sebanyak 109.675 jiwa. Dari jumlah tersebut, peserta mandiri sebanyak 14.739 jiwa. Sisanya merupakan peserta dari PBI yang dibiayai pemerintah, PNS  dan bukan pekerja. Sedangkan untuk PBI, Klungkung mendapat jatah sebanyak 19.907 jiwa. Tapi yang baru terisi 14.819 jiwa.  “Jadi ada sekitar 5.000 jiwa yang belum terisi. Jika ada yang ingin daftar bisa langsung melalui kepala desa,” ujar Sutrisni. (119)

Komentar

Komentar

BACA  Sopir Bank Tewas di Dalam Mobil

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>