NPL KUR BPD Terjaga di Angka Nol Persen

By on May 14, 2017
NASABAH - Sejumlah nasabah melakukan transaksi di salah satu kantor cabang BPD di Denpasar

Renon, DenPost

Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali di tahun  2017 masih  kembali dipercaya dalam penyaluran KUR (Kredit Usaha Rakyat). Di mana, selama empat bulan berjalannya penyaluran kredit di tahun 2017 ini, tingkat NPL (Non Performing Loan/kredit bermasalah) masi terjaga di angka nol persen.Direktur Operasional Bank BPD Bali, IGN Agustana D. Mendala, mengatakan, dalam penyaluran KUR, pihaknya tidak hanya sekadar mengejar target. Namun, bagaimana pembiayaan tersebut dapat diterima pelaku UMKM atau nasabah yang betul-betul membutuhkan untuk kelanjutan usahanya.

Dalam penyaluran KUR ini kami benar-benar selektif, tidak hanya sekadar mencapai target. Akan tetapi bagaimana KUR ini bisa dirasakan masyarakat atau pelaku UMKM yang membutuhkan, sehingga dengan demikian NPL masih bisa tetap terjaga,” jelasnya, Minggu (14/5).

Dikatakan, untuk tahun 2017 ini, pihaknya mendapatkan tambahan platfon KUR mencapai Rp 383,45 milyar. Dari alokasi KUR 2017 yang diperoleh tersebut Rp 369,15 milyar untuk ritel dan mikro Rp 14,3 milyar.  “Apabila ditotal dana KUR yang disalurkan BPD Bali selama 2017 mencapai Rp 730 milyar, yaitu tambahan dari tambahan alokasi 2017 yang mencapai Rp 383,45 milyar dengan tahun  sebelumnya,” paparnya.

Hingga awal Mei 2017, KUR yang sudah berhasil disalurkan, yakni mencapai Rp 29 milyar. Dari jumlah tersebut, penyaluran KUR mikro mencapai lebih dari Rp 2,2 milyar dan ritel sekitar Rp 26,7 milyar lebih.

Disinggung terkait kantor cabang yang menyalurkan KUR terbesar, Mendala mengatakan, KUR mikro terbesar ada di cabang Mangupura dengan persentase sekitar 20 persen. Begitu pula untuk KUR ritel dengan persentase 20 persen ada di Cabang Tabanan. (126)

Komentar

Komentar

BACA  ”Keben” Tempel Tisu Bunga Laris di Pasar Asia

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>