Rumah Terendam, Kesehatan Warga Terunyan Terancam

By on May 11, 2017
TERENDAM - Rumah warga Desa Terunyan, Kintamani terendam luapan air Danau Batur.

Bangli, DenPost
Luapan Danau Batur dikhawatirkan akan berpengaruh terhadap kondisi kesehatan warga Trunyan yang rumahnya terendam. Kondisi yang sudah berlangsung hampir tiga bulan ini juga menyebabkan bau busuk.Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Bangli, Ketut Agus Sutapa, mengatakan, berdasarkan laporan kepala dusun (Kadus) setempat, jumlah rumah yang terendam 42 unit. “Warga masih tetap bertahan, tidak sampai diungsikan. Namun ada juga yang pindah tinggal ke rumah kerabatnya,” kata Agus, Kamis (11/5). Lanjut dia, kendati tidak sampai diungsikan, namun BPBD bersama instansi terkait termasuk PMI selalu siap memindahkan warga ke tempat yang aman.

Kebutuhan mendesak warga Terunyan yang perlu diperhatikan saat ini yakni masalah kesehatan. Karena air Danau Batur juga merendam hingga ke dalam kamar. Rendaman ini menimbulkan bau busuk yang rentan menyebabkan penyakit. Lanjut Agus, sejak muncul genangan di dalam rumah, seorang warga sudah terkena penyakit DB (demam berdarah). Hanya saja belum diketahui pasti tempat gigitan nyamuk tersebut. “Terkait masalah ini, kami sudah meminta pihak desa untuk menyurati Dinas Kesehatan (Diskes) agar mengecek kondisi kesehatan warga,” imbuh Agus.  (122)

Komentar

Komentar

BACA  Di Jembrana, Puluhan Makanan Kedaluwarsa Masih Dijual

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>