Data Penerima Tak Valid, Rastra Belum Disalurkan

By on April 18, 2017
RASTRA - Beras sejahtera (rastra) di gudang Bulog Bebalang, hingga saat ini belum disalurkan.

Bangli, DenPost

Data keluarga penerima manfaat (KPM) beras sejahtera (rastra) di Kabupaten Bangli tak valid. Data penerima yang dikirimkan Pusat tidak sesuai dengan kondisi riil di lapangan. Akibatnya, sejak empat bulan lalu rastra belum disalurkan ke masyarakat.

Hingga Selasa (18/4), rastra masih tersimpan di gudang milik Bulog Bangli di Kelurahan Bebalang. Kepala Gudang Bulog Bangli, AA Gede Oka, didampigi juru timbang Gusti Putu Ngurah Arnaka, menjelaskan, rastra belum disalurkan karena masih menunggu Surat Permintaan Alokasi (SPA) dari Pemkab Bangli. Dikatakannya, data yang diberikan Pusat pagunya tidak cocok dengan data milik Pemkab Bangli. Lantaran terjadi kelebihan calon penerima, data kembali diserahkan untuk dilakukan validasi. Kelebihan calon penerima mencapai 107 orang, sehingga data tersebut dikembalikan ke desa untuk dimusyawarahkan.

Berdasarkan data yang diterima Bulog Bangli, jumlah KPM penerima rastra di Kabupaten Bangli sebanyak 9. 556 KK. Per KPM pagu rastra yang diperoleh 15 kilogram. Dikatakan Oka, kondisi beras saat ini masih layak konsumsi. Kendati demikian dia tidak menampik warna beras mulai berubah lantaran lama tersimpan di gudang. Mengantisipasi agar rastra tersebut tidak rusak, Bulog secara rutin melakukan penyemprotan agar beras tidak dimakan kutu. (122)

Komentar

Komentar

BACA  Disosnakertrans Bangli Dikirimi Orang Telantar

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>