Tabrakan Perahu, Polisi Tetapkan Satu Tersangka

By on April 2, 2017
MINTA KETERANGAN - Kapolsek Nusa Penida, Kompol Ketut Suastika, meminta keterangan nakhoda  sampan, Nyoman Nata (34) yang telah ditatapkan sebagai tersangka, Minggu (2/4).

Semarapura, DenPost

Polsek Nusa Penida, Klungkung akhirnya menetapkan Nyoman Nata (34) sebagai tersangka dalam kasus tabrakan perahu yang terjadi di perairan Bias Munjul antara Pulau Lembongan dan Ceningan beberapa waktu lalu. Nata yang merupakan nakhoda perahu asal Br. Penida, Desa Sakti ditetapkan sebagai tersangka karena diduga lalai. Hal ini disampaikan Kapolsek Nusa Penida, Kompol Ketut Suastika, Minggu (2/4).Menurut Kapolsek, Nata ditetapkan sebagai tersangka sejak Sabtu (1/4) lalu. Penetapan Nata sebagai tersangka dilakukan setelah petugas melakukan pemeriksaan terhadap 11 saksi. Termasuk dua saksi ahli dari syahbandar. Yang mana dari hasil pemeriksaan saksi-saksi tersebut petugas melihat ada unsur kelalaian yang dilakukan Nyoman Nata sebagai nakhoda, sehingga membuat salah seorang penumpangnya meninggal dunia.

“Kita lihat ada unsur kelalaian disini. Sudah tahu ada keranjang di depan sampannya yang menghalangi pandangannya, tapi dia (Nata-red) tidak berupaya menempatkannya  di tempat lain. Sehingga terjadi kecelakaan,” ujar Kapolsek, Kompol Ketut Suastika.

Namun, kata mantan Kapolsek Dawan ini, Nata belum ditahan. Alasannya polisi karena masih melakukan pemeriksaan terhadap dua saksi lagi terkait kasus tersebut.  “Saat ini kita belum tahan. Kita  masih akan melakukan pemeriksaan terhadap dua saksi dari penumpang yang duduk di depan sampan,” kata Kapolsek.

Menurut Kapolsek, sebenarnya kedua saksi dari penumpang tersebut telah dipanggil untuk dimintai keterangan. Hanya saja keduanya tidak bisa hadir karena ada halangan. “Karena ada halangan kita panggil lagi. Dan kita sudah kirim surat panggilan untuk dimintai keterangan,” ujarnya.

Yang jelas dalam kasus tersebut, Kapolsek mengatakan tersangka bakal disangkakan pasal 359 KUHP  karena kesalahannya menyebabkan orang meninggal dunia. Seusai pasal tersebut, tersangka terancam pidana penjara  paling lama lima tahun  atau pidana kurungan paling lama satu tahun. “Sejauh ini belum ada dari pihak keluarga korban yang menuntut. Tapi kita tetap memprosesnya,” ujar Kapolsek seraya mengatakan barang bukti sampan masih berada di TKP karena sudah tenggelam. (119)

BACA  Sahkan Tujuh Ranperda Jadi Perda

Komentar

Komentar

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>