Jelang Galungan, Hiasan Penjor Mulai Diburu

By on April 2, 2017
Berbagai jenis hiasan penjor yang dijual di Pasar Anyar Sari mulai diburu masyarakat

Ubung, DenPost

Menjelang Hari Raya Galungan,  sejumlah pedagang di  pasar tradisional sudah mulai mempersiapkan barang dagangan, salah satunya hiasan penjor. Pasalnya, setiap perayaan hari  besar umat Hindu tersebut identik dengan penjor.Pedagang perlengkapan upakara di Pasar Anyar Sari atau lebih dikenal Pasar Batu kandik , Nyoman Suarini, mengatakan, permintaan hiasan penjor di tempatnya tersebut sudah mulai diburu masyarakat. Di mana, mereka yang membeli hiasan penjor di tempatnya tersebut tidak hanya  keperluan pribadi, namun juga banyak untuk dijual kembali.

Diakui, selama ini untuk hiasan penjor biasanya dijual per buah (bukan paketan) dengan harga bervariasi tergantung jenis dan ukuran. Hiasan penjor yang dijualnya tersebut, yakni sampian penjor seharga Rp 8.000 – Rp 28 ribu, bando Rp 8.000 per buah, janur (Rp 13 ribu- Rp 75 ribu) dan padi Rp 13 ribu per ikat. “Hiasan penjor yang saya jual ini sudah mulai dipersiapkan sejak satu bulan sebelum hari raya. Untuk hiasan penjor ini sebagian sudah mulai laku terjual,” katanya saat ditemui Minggu (2/4).

Dikatakan,  hiasan penjor yang dijajakan tersebut berbahan ental. Dimana, harga hiasan penjor yang ditawarkan tersebut masih sama dengan hari raya sebelumnya meskipun harga ental mengalami kenaikan. “Kalau harga hiasan penjornya dinaikkan lagi takutnya susah terjual.  Untuk itu saya memilih memberikan harga tetap seperti enam bulan lalu,” ujarnya sembari mengaku masih mendapatkan keuntungan walapaun tidak banyak.

Hal senada juga diungkapkan pedagang lainnya, yakni Made Sukanti. Kata dia, hiasan penjor yang dijualnya tersebut sudah mulai disiapkan sejak tiga bulan lalu guna memenuhi permintaan pelanggannya. Hiasan penjor yang dijual tersebut sebagian besar dibelinya dari supplier, sedangkan sisanya dibuat sendiri bersama karyawannya.

Ia lebih banyak menjual paketan dengan harga Rp 150 ribu hingga Rp 500 ribu tergantung jenis dan ukurannya. “Satu paket tersebut terdiri dari kolong-kolong, sampian penjor, janur, banto dan pucukuan serta padi,” paparnya. (126)

BACA  Pemkot Safari Kesehatan ke Banjar-banjar

Komentar

Komentar

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>